Kopi Legendaris Jakarta

Kedai Kopi Legendaris di Tengah Jakarta

Meskipun kedai kopi telah menjadi bisnis yang common, tetapi Jakarta menyimpan berbagai keunikan tersendiri dalam bebragai kedai kopi legendaris. Berikut beberapa diantaranya.

 

1.Toko Kopi Luwak Gondangdia

 

Kedai yang merupakan toko kopi ini telah melegenda. Meski demikian, letaknya cukup tersembunyi dan tak jauh dari pasar dan Stasiun Gondangdia. Kopi Luwak Gondangdia tepatnya berada di Jalan Srikaya I Nomor 25, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat. Lihat Foto Toko kopi luwak Gondangdia, Jakarta Pusat(Dokumentasi pribadi Cindy Tan) Toko kopi ini begitu populer sejak berdiri pada 1930.

Jenis kopi yang dijual tidak banyak, hanya arabica dan robusta. Dulunya, toko kopi ini bernama Toko Kopi Cap Burung Kenari karena dahulu, daerah tersebut semua toko kopi memakai nama burung. Saat ini, toko dikelola oleh Yulin yang merupakan generasi ketiga Toko Kopi Luwak Gondangdia.

Pada tahun 2012, toko ini berubah nama menjadi Kopi Luwak Gondangdia karena meminjam kepopuleran kopi Luwak pada masa itu. Hal tersebut sekaligus menjawab mengapa toko kopi Luwak tidak satu pun menjual kopi Luwak. Ada banyak stok kopi yang dijual di sini. Pelanggan bisa membeli per kilogram, atau bahkan masih dalam bentuk biji maupun sudah digiling.

  1. Kwang Koan atau Kopi Johny

Kalau mau menikmati sensasi nikmat rasa kopi khas Manado, di sinilah tempatnya. Kedai kopi Kwang Koan ini ada di bilangan Kelapa Gading, Jakarta Utara dan semakin populer belakangan ini karena pengacara kondang Hotman Paris sering menyambangi.

Di kedai ini ada dua jenis kopi yakni kopi hitam dan kopi susu. Kopinya dibuat dengan cara direbus dalam panci besar lalu dituang ke gelas dengan menggunakan kain saringan.

Sambil minum kopi, di sini bisa juga menikmati bakpao lembut yang enak. Ada bakpao cokelat, bakpao kacang merah dan bakpao ayam.

 

  1. Kopi Es Tak Kie

Kedai kopi ini termasuk legendaris di Jakarta karena sudah  ada sejak 1927. Banyak pula dikunjungi pejabat dari berbagai periode pemerintahan, hingga selebriti. Baca juga: Selayang Pecinan Jakarta, Seruput Kopi Es Tak Kie Dulunya, pendiri toko kopi yang bernama Liong Kwie Tjong merupakan pedagang kopi kaki lima.

Singkat cerita, dagangan kopi tersebut laku keras, hingga ia memutuskan untuk sewa kios kecil di suatu rumah Belanda. Bangunan itu lah yang masih berdiri hingga sekarang. Minuman kopi andalannya adalah Kopi O atau kopi hitam original. Selain itu, kamu juga bisa memesan makanan karena tempat kopi ini juga menjual nasi tim, siomay, dan lainnya. Kopi ini tepatnya berada di Gang Gloria, Glodok, Jalan Pintu Besar Selatan, Taman Sari, Jakarta Barat.

 

 

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *