jasa bus

Bagaimana Memilih Penyedia Jasa Bus yang Tepat?

Penyedia jasa bus pariwisata di kota-kota besar kini semakin banyak bermunculan. Hal ini membuat kita dihadapkan pada banyak pilihan rental bus pariwisata dengan segudang keunggulan layanan yang ditawarkan. Untuk mendapatkan agen bus wisata yang berkualitas dan memiliki track record bagus kita harus jeli. Intinya kita harus lebih banyak menggali informasi dari beberapa agen sekaligus untuk kemudian memastikan mana yang terbaik. Ciri agen bus pariwisata berkualitas ada pada reputasi dan jam terbang, dengan kata lain pengalaman dalam melayani customer dapat dijadikan tolok ukur terkait kualitas rental bus pariwisata yang dipilih. Berikut beberapa kriteria yang dapat kita gunakan untuk memilih penyedia jasa bus pariwisata berkualitas:

  1. Fasilitas

Sebagai customer kita memiliki kewenangan bertanya tentang banyak hal terkait fasilitas-failitas yang disediakan pada agen bus pariwisata yang kita pilih. Disini kita perlu mendapat informasi secara rinci mengenai fasilitas tempat duduk, ketersediaan AC, dan fasilitas hiburan selama perjalanan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut penting sebagai bentuk penyesuaian antara biaya yang kita keluarkan dengan fasilitas yang disediakan. Tentunya kita tidak mau terlanjur membayar mahal namun hanya mendapat fasilitas ala kadarnya.

2. Tenaga Driver berpengalaman

Selama melakukan perjalanan wisata menggunakan bus pariwisata, keamanan kita akan sangat tergantung pada sopir bus. Oleh karenya, kita perlu memastikan bahwa jasa sopir yang bertugas mengantarkan kita ke lokasi tujuan harus berpengalaman, berlisensi, dan menguasai medan. Bila perlu kita minta copy-an SIM dan identitas lain dari sopir bersangkutan untuk memastikan bahwa sopir tersebut berlisensi dan bisa dipercaya. Sopir bus pariwisata yang berpengalaman selain menguasai medan biasanya juga lebih sabar dalam meng-handle kendaraan. Artinya dia tahu kapan waktunya memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi dan kapan harus menurunkan kecepatan.

3. Tarif yang Sesuai

Dalam hal ini kita tidak harus memili tarif bus pariwisata paling murah namun lebih fokus pada layanan yang diberikan. Intinya kita harus pastikan tarif sewa yang ditawarkan sebanding dengan fasilitas dan layanan yang diberikan. Hal ini mengacu pada banyak kejadian dimana customer sering komplain pada satu rental bus pariwisata tertentu yang memberlakukan tarif mahal namun fasilitas yang disediakan tidak mampu mengakomodasi kebutuhan para penumpang.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *