higienis

Tetap Higienis Saat di Perjalanan

Pandemi Covid-19 mengubah tatanan dan cara beraktivitas masyarakat dengan tuntutan untuk menjadi lebih higienis. Selain itu, beragam kebiasaan juga diprediksi akan disesuaikan guna mencegah penularan virus semakin meluas. Meski pandemi disebut belum berakhir, namun di Indonesia, banyak pihak mulai memperbincangkan protokol new normal atau tatanan kehidupan normal baru.

Untuk menuju ke tujuan itu, maka Kementerian Perhubungan perlu membuat regulasi pendukung bersama dengan para operator transportasi. Bicara mengenai transportasi publik selama masa new normal ini pun bukan hanya memastikan keamanan dan kesehatan penumpang selama memanfaatkan moda tersebut, namun juga mengurangi potensi paparan virus saat harus berpindah angkutan.

Transportasi publik yang dahulu menjadi moda dan sarana berkumpul dan berkegiatan, saat ini harus berubah dengan mengutamakan aspek kesehatan dalam rangka mencegah penularan Covid-19. Untuk itu, para pengguna dan penyelenggara/operator transportasi perlu beradaptasi dengan kebiasaan baru dalam bentuk prosedur atau protokol baru yang berbasis pada kesehatan dan kebersihan (higienis) serta physical distancing/jaga jarak.

 

Meski demikian, kita tetap bisa menjaga kebersihan dan tetap higienis saat dalam perjalanan, terlebih saat berada di dalam kendaraan umum. Berikut beberapa tips untuk tetap higienis di perjalanan :

  1. Selalu Pakai Masker

Selama menggunakan transportasi publik seperti bus, kereta, pesawat hingga ojek online, kamu wajib menggunakan masker untuk menutup mulut dan hidung. Tidak ada keharusan menggunakan masker medis, gunakan saja masker kain yang memadai.

 

World Health Organization (WHO) merekomendasikan penggunaan masker non medis berbahan kain minimal tiga lapis. Masker kain tersebut dinyatakan aman untuk mencegah penyebaran virus tapi tetap nyaman digunakan dan tidak menghambat pernafasan.

  1. Menjaga Jarak dengan Penumpang Lain

Physical distancing harus tetap dijalankan selama kamu melakukan perjalanan dengan transportasi umum. Usahakan untuk selalu menjaga jarak aman dengan orang lain.

Dalam posisi duduk, jaga jarak dengan penumpang lain minimal satu kursi. Seandainya kamu terpaksa harus berdiri, usahakan untuk menjaga jarak minimal satu meter. Tapi jika tidak memungkinkan, setidaknya kamu bisa menjaga jarak satu lengan dengan penumpang lain.

Armada yang disediakan oleh Ainon Holidays telah mendukung pencegahan Covid-19 dengan menerapkan jaga jarak, menyediakan handsanitizer dan toilet yang higienis.

 

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *