mabuk

Beberapa Makanan Pencegah Mabuk Perjalanan

Jika Anda memiliki kecenderungan mabuk perjalanan, konsumsilah makanan ini yang dapat mengurangi gejalanya dan menenangkan perut. Sebaiknya kemas beberapa makanan ini untuk membantu atasi mual.

1. Madu dan Air Lemon

Dua bahan alami ini memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah mencegah mabuk perjalanan. Kandungan nutrisinya membantu menetralisir racun, dan meningkatkan stamina saat perjalanan mudik.

2. Pisang

Tidak hanya rasanya yang enak, buah pisang baik untuk mencegah mabuk perjalanan. Pisang mempunyai jumlah kalium dan protein yang cukup tinggi, yang mampu mengembalikan kebutuhan mineral dalam tubuh yang hilang serta nutrisi yang terbuang. Makan pisang 1-2 buah mampu mengurangi rasa mual dan mengembalikan energi.

3. Air Kelapa

Air kelapa membantu menetralisir racun dalam tubuh. Jadi, jika kamu mabuk perjalanan sebaiknya segera minum air kelapa agar mabuk kamu segera reda.

4. Jeruk

Buah jeruk dipercaya mengurangi mual karena perjalanan. Rasanya yang segar akan membantu mulut menjadi lebih segar dan mengurangi rasa mual. Kamu dapat mengonsumsi jeruk secara langsung atau menjadikannya jus jeruk.

5. Jahe

Tidak hanya membantu kamu terasa hangat, jahe dapat membantu mengatasi rasa mual, gangguan pencernaan, sembelit dan kembung. Minum air jahe sebelum melakukan perjalanan akan membantu kamu terhindar dari mabuk perjalanan.

6. Permen

Ketika mual melanda, ambillah permen dengan senasi rasa pedas atau asam. Proses menghisap dan mengunyah permen dapat memicu produksi air liur. Ini bisa bantu menetralkan asam di perut sehingga dapat meringankan mual dan muntah.

Permen yang dibawa bisa yang bercitarasa segar seperti mint, lemon atau jahe. Untuk cegah mabuk, jangan membawa permen dengan rasa manis dan creamy seperti rasa susu dan karamel.

7. Buah Lemon dan Apel

Lemon segar serta air lemon bisa membantu ringankan rasa mual, lemon mengandung zat yang bisa meredakan sakit perut. Potonglah 1-2 lemon segar dan simpan dalam kantung plastik atau wadah untuk dibawa saat perjalanan. Buang kulit lemon kemudian tempatkan satu iris lemon di lidah ketika mulai merasa sakit. Anda juga bisa mengonsumsi irisan lemon atau menghisap sarinya untuk meredakan gejala.

Selain lemon, apel hijau juga bisa membantu. Kandungan pektin dalam apel hijau dapat membantu menetralkan asam di perut. Selain konsumsi apel segar, bisa juga meminum jus apel.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *