solo

Tips Hemat Saat Melakukan Solo Traveling

Kegiatan traveling sudah bukan lagi hal yang mewah, banyak orang melakukan traveling bahkan dengan budget yang cukup terbatas. Tak heran kalau pada akhirnya semakin banyak orang yang memilih untuk melakukan solo traveling dibandingkan traveling bersama teman atau pun open trip. Melakukan solo traveling, Anda bisa bebas menentukan lokasi dan waktu keberangkatan tanpa harus menyesuaikan dengan orang lain. Namun solo traveling juga memiliki kekurangan terutama dalam hal budget. Karena Anda pergi sendiri, mau tidak mau semua biaya perjalanan akan ditanggung sendiri. Untuk mengatasi hal ini, yuk coba tiru beberapa tips dalam berhemat saat solo travelling di bawah ini.

Pilih Off Season

Biasanya, bulan Januari merupakan bulan off season, di mana biaya untuk traveling paling murah dibandingkan bulan-bulan lainnya. Namun, Anda perlu mengecek lagi apakah bulan tersebut juga merupakan bulan off season untuk tempat tujuan traveling Anda. Semakin banyak informasi detail mengenai tujuan Anda, semakin mungkin juga untuk menghemat budget. Selain itu, karena bepergian sendiri, Anda juga bisa lebih fleksibel mengubah tujuan jika ternyata ada hal-hal yang terjadi di luar perkiraan.

Rajin Bandingkan Harga Tiket Pesawat

Berbeda dari beberapa waktu lalu di mana membeli tiket penerbangan round-trip bisa lebih menghemat budget, saat ini bisa saja hal tersebut sudah tak lagi berlaku. Anda harus lebih aktif untuk membandingkan harga tiket pesawat mengingat cukup banyak penawaran tiket menarik yang bisa Anda manfaatkan. Anda bisa mengecek harga tiket termurah dari aplikasi traveling, atau mengikuti akun-akun Instagram yang kerap menawarkan promo tiket pesawat.

Cari Promo Hotel atau Pilih Hostel Murah

Selain rajin mencari promo tiket penerbangan, Anda juga harus rajin mencari promo hotel mengingat biaya penginapan harus Anda tanggung sendiri. Untuk lebih berhemat, Anda bisa memilih hostel dengan tarif yang lebih murah dibandingkan hotel. Mengingat Anda akan lebih banyak menghabiskan waktu menjelajah lokasi wisata, tentu tak perlu memiliki budget terlalu besar untuk tempat penginapan yang terpenting lokasi strategis dan kondisi kamar bersih untuk ditempati.

Carilah grup solo traveller dan bergabung dengan mereka. Dengan cara ini Anda bisa menghemat lebih banyak. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan pengalaman tak ternilai dengan memiliki teman baru dari berbagai tempat yang berbeda.

Jika hal itu tidak memungkinkan, Anda masih bisa mencari roommate atau teman sekamar untuk meringankan budget menginap Anda. Gunakan website seperti TravBuddy, TravelChum dan CruiMates yang akan mencarikan Anda traveler lain yang memiliki tujuan sama seperti Anda.

Bawa Sedikit Barang

Ketika bepergian sendiri, sebaiknya Anda tidak membawa terlalu banyak barang. Cukup bawa 1 koper atau backpack saja untuk menghemat biaya bagasi. Selain itu, dengan hanya membawa satu koper atau backpack, Anda bisa dengan lebih leluasa bepergian dengan berbagai macam jenis transportasi umum. Bahkan, Anda juga bisa berjalan kaki sembari menikmati setiap sudut lokasi yang didatangi.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *