Air terjun Sanghyang Taraje bisa ditempuh dengan bersepeda. Sumber Instagram @a.y.akbar

Air Terjun Sanghyang Taraje Garut yang Menyegarkan

Air Terjun Sanghyang Taraje Garut yang Menyegarkan – Garut merupakan salah satu daerah yang ada di Indonesia yang memiliki keindahan alam yang tergolong masih asri. Walaupun mungkin yang kamu kenal dari Garut adalah dodol dan dombanya. Memang ke dua hal tersebut menjadi ikon dari Garut. Namun demikian, selain itu Garut juga memiliki berbagai tempat wisata alam yang perlu diperhitungkan untuk dikunjungi. Jika Bandung memiliki julukan Paris Van Java, Garut pun juga memiliki julukan yaitu Swiss Van Java. Julukan ini memang bukanlah julukan paten, namun beberapa wisatawan menganggap Garut sebagai salah satu negara di Eropa yang memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Spot menarik di Air terjun Sanghyang Taraje Garut. Sumber Instagram @_rininchy06
Spot menarik di Air terjun Sanghyang Taraje Garut. Sumber Instagram @_rininchy06

Asal Muasal Nama Sanghyang Taraje

Berbicara mengenai tempat wisata yang indah di Garut, salah satunya adalah air terjun Sanghyang Taraje. Nama tersebut menjadikan air terjun ini sebagai tempat wisata yang megah. Dalam bahasa sunda, “Sanghyang” memiliki arti sebagai sebutan bagi dewa ataupun raja. Sedangkan “Taraje” memiliki arti tangga. Jadi jika digabungkan air terjun ini merupakan tangga yang di pakai dewa-dewa untuk menuju ke kahyangan. Hal ini merupakan mitos yang berkembang pada jaman dahulu. Jika dilihat-lihat air terjun ini memang mirip dengan tangga raksasa yang menjulang tinggi ke atas.

Air terjun ini memang tidak lepas dari legenda yang berkembang di masyarakat. Air terjun dengan ketinggian 82 meter ini terdapat kisah mengenai Sangkuriang. Dimana Sangkuring menggunakan air terjun ini untuk mengambil bulan yang di persembahkan kepada Dayang Sumbi. Dan legenda ini ada kaitannya dengan cikal bakal Tangkuban Perahu.

Bermain di dasar Air Terjun Sanghyang Taraje Garut. Sumber Instagram @arimaulana_68
Bermain di dasar Air Terjun Sanghyang Taraje Garut. Sumber Instagram @arimaulana_68

Lokasi Tempat Wisata

Bagi kamu yang ingin mengunjungi air terjun ini, jarak yang kamu tempuh cukup jauh, sekitar 50 kilometer. Lokasi tepatnya berada di kampung Kombongan, desa Pakenjeng, kecamatan Pamulihan, kabupaten Garut, Jawa Barat. Untuk bisa sampai kesana kamu akan disuguhi oleh berbagai keindahan di kanan dan kiri jalan. Sehingga kamu bisa menikmati keindahan dan merasakan kesejukan untuk bisa sampai ke tempat wisata air terjun Sanghyang Taraje tersebut. Bagi kamu yang masih bingung untuk bisa sampai ke tempat wisata air terjun Sanghyang Taraje, kamu bisa klik disini untuk mendapatkan lokasi di google maps.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati berbagai keindahan, kesegaran, dan kealamian tempat wisata ini, kamu cukup membayar sekitar Rp 6.000 per orang. Harga tersebut terkadang bisa lebih mahal apalagi ketika musim liburan tiba. Jadi memang alangkah baiknya kamu mempersiapkan uang lebih dimana sewaktu-waktu harga naik, kamu pun sudah punya anggaran untuk bisa masuk menikmati tempat wisata tersebut.

Dasar air terjun Sanghyang Taraje Garut. Sumber Instagram @yuliska.hp
Dasar air terjun Sanghyang Taraje Garut. Sumber Instagram @yuliska.hp

Baca juga :

Fasilitas

Ketika kamu sampai di tempat wisata ini, kamu akan dapat menemukan berbagai fasilitas yang disediakan dari pengelola untuk para wisatwan. Hal tersebut pastinya untuk memberikan kenyamanan para wisatawan saat berlibur. Fasilitas tersebut diantaranya ada warung maan, toilet, jalan yang sudah di semen, dan lain sebagainya. Pastinya hal tersebut akan membuat perjalanan wisatamu untuk sampai di bibir air terjun menjadi kenyataan.

Air terjun Sanghyang Taraje bisa ditempuh dengan bersepeda. Sumber Instagram @a.y.akbar
Air terjun Sanghyang Taraje bisa ditempuh dengan bersepeda. Sumber Instagram @a.y.akbar

Demikianlah beberapa informasi mengenai air terjun Sanghyang Taraje yang ada di Garut. Berbagai tempat wisata lainnya di Garut juga cocok untuk kamu kunjungi. Apalagi bagi kamu yang sudah jauh-jauh datang ke Garut, rugi jika tidak menyempatkan untuk berwisata. Bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan wisata bersama keluarga besar ataupun dengan teman-teman, kamu bisa menggunakan armada dari Ainon Holidays. Bersama armada kami, perjalananmu akan terasa aman, nyaman, dan menyenangkan. Pastinya kamu akan kembali dengan kebahagiaan dan senyuman. Terus tunggu apa lagi? Segera saja klik disini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan lengkap mengenai perjalanan wisata menuju tempat wisata yang ingin kamu kunjungi.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *