Apa itu Coronavirus

Apa itu Coronavirus ? Sudahkah Kamu Tau

Apa itu Coronavirus ? Sudahkah Kamu Tau – Saat ini dunia sedang disibukkan dalam penanganan virus corona atau coronavirus. Virus ini merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan infeksi saluran pernafasan atas ringan sampai sedang. Gejala yang ditimbulkan dari virus tersebut mirip dengan gejala flu. Jadi hal ini perlu diwaspadai dengan baik dan tidak untuk diremehkan. Beberapa jenis virus ini juga menimbulkan berbagai penyakit yang lebih serius, diantaranya :

  • Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV)
  • Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV)
  • Pneumonia

Covid-19 atau dikenal juga dengan sebutan Novel Coronavirus ini menyebabkan pneumonia. Namun begitu, virus ini tidak perlu ditakuti karena bisa disembuhkan secara medis walaupun vaksinnya belum ditemukan. Yang perlu diwaspadai dari virus ini adalah penyebarannya yang tergolong cepat dan masif.

Apa itu Coronavirus
Apa itu Coronavirus

Penyebab Infeksi Virus Corona

Setiap orang dimungkinkan untuk terjangkit virus ini tanpa melihat kedudukan ataupun umur. Dari yang paling muda sampai yang paling tua memiliki tingkat kemungkinan yang sama untuk terkena virus tersebut. Sehingga hal ini perlu diwaspadai apalagi bagi orang-orang yang memiliki penyakit penyerta ataupun yang memiliki tingkat imun yang lemah. Penyebaran virus biasa terjadi melalui :

  • Percikan air liur yang keluar dalam bentuk bersin ataupun batuk
  • Bersentuhan baik tangan atau anggota tubuh lainnya tanpa menggunakan pelapis seperti kain dan lain sebagainya
  • Menyentuh barang yang sudah pernah disentuh oleh penderita atau karena sudah terpapar air liur penderita

Gejala yang ditimbulkan oleh seseorang yang terjangkit virus corona rata-rata akan terlihat pada hari ke 2 sampai dengan hari ke 14 setelah virus masuk ke dalam tubuh.

Gejala Infeksi Coronavirus

Berbagai gejala yang terjadi ketika seseorang terpapar virus tersebut yang terbilang ringan diantaranya :

  • Demam (suhu tubuh diatas 38 derajat celcius)
  • Batuk kering
  • Sakit tenggorokan

Jika hal ini tidak segera tertangani, biasanya akan muncul gejala-gejala berikutnya diantaranya :

  • Batuk disertai darah
  • Sesak nafas

Bagi kamu yang belum mengetahui apa itu coronavirus, kamu saat ini sudah mengetahuinya apa itu dan apa penyebabnya serta apa gejalanya. Semoga dengan artikel ini kamu bisa membantu pemerintah dalam penanggulangan virus tersebut. Dan alangkah baiknya untuk tetap mematuhi aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah seperti social distancing, menggunakan masker jika keluar rumah, cuci tangan dengan menggunakan air dan sabun, dan lain sebagainya. Semoga wabah virus ini segera berakhir dan kamu bisa kembali jalan-jalan bersama Ainon Holidays.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *