Belajar Sejarah di Kota Jogja (Bagian 2)

“Nikmati bersama, suasana Jogja…” Membaca potongan kalimat di atas tentu tidak asing lagi bagi Anda. Ya itulah sepenggal lirik yang fenomenal dan legendaris sampai sekarang, lagu Yogyakarta yang diciptakan dan dibawakan oleh Kla Project. Walaupun sudah beberapa kali di cover ulang oleh berbagai musisi, akan tetapi kesan magis nya tidak sekuat ketika dibawakan oleh Kla Project sendiri.

Tapi tenang kali ini kita tidak akan membahas tentang musisi maupun karya-karya mereka, akan tetapi tentang yang diceritakan di lagu tadi, Kota Jogja.

Dalam artikel sebelumnya sudah ada dua lokasi yang kita bahas, kali ini kita akan bahas lagi beberapa lokasi di Jogja yang dapat Anda jadikan lokasi wisata yang penuh sejarah dalam Belajar Sejarah di Kota Jogja (Bagian 2).

  • Masjid Gedhe Mataram

Masjid tertua yang ada di Jogja ini dibagun pada tahun 1640. Berlokasi di Kotagede tepatnya di area pasar Kotagede, Jogja. Saat Anda memasuki halaman Masjid, Anda akan disambut dengan pohon beringin yang besar dan rindang yang usianya sudah ratusan tahun namun tetap kokoh berdiri.

Masjid ini berbentuk limasan dan ketika Anda memasuki masjid, Anda akan melihat berbagai ukiran indah hadiah dari Adipati Palembang. Di dalam masjid juga terdapat bedug yang berusia ratusan tahun. Masjid ini juga memiliki prasasti yang menyebutkan bahwa masjid ini dibangun dalam 2 tahap. Pada masa Sultan Agung berhasil memenuhi tahap pertama pembangunan yang membangun inti masjid berukuran kecil yang disebut dengan langgar. Tahap kedua dibangun Raja Kasunanan Surakarta, Paku Buwono X.

  • Pabrik Gula Madukismo

Pabrik yang dulu dikenal dengan nama Pabrik Gula Padokan ini dibangun pada tahun 1955. Di masa penjajahan Belanda, pabrik ini sempat hancur lebur dan berhasil dibangun kembali oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Salah satu hal yang menarik saat Anda mengunjungi lokasi ini adalah Anda serasa dibawa menuju awal dari era industri. Memasuki lokasi ini, Anda akan disambut dengan bangunan besar kuno dengan mesin-mesin kuno serta rel-rel kereta yang menjadi pengangkut tebu menjadi penguat kesan tersebut.

Saat Anda ingin mengunjungi dan mengeksporasi lokasi bersejarah ini tidak perlu bingung, karena Paket Agrowisata Madukismo akan memberikan semua sajian tersebut yang sudah dikemas ke dalam paket yang dapat Anda pilih.

Tentunya ada berbagai lokasi lain yang dapat Anda sambangi  untuk berwisata sambil belajar di kota Jogja yang penuh kenangan tersebut. Di kesempatan lain, kita akan membahas keindahan kota Jogja dari sudut lain dan berbagai lokasi dan tips wisata lain. Buat Anda yang ingin berlibur ke Jogja atau lokasi wisata lainnya dapat menghubungi Ainon Holidays. Selamat berlibur!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *