Budget Pas, Liburan Puas!

Kata siapa liburan itu butuh budget yang besar? Buat kamu yang pengen liburan dengan budget yang pas, ada beberapa tips yang bisa kamu jadikan referensi di liburan kamu berikutnya:

Perbanyak Referensi

Sebelum kamu liburan, point pertama yang harus kamu perhatikan adalah memperbanyak referensi. Referensi dari beberapa hal, seperti tempat yang ingin kamu kunjungi, berapa biaya yang harus dikeluarkan (termasuk alternatif transportasi dan akomodasinya, juga tempat wisata yang berbayar serta uang jajan). Beberapa hal ini bisa kamu dapatkan dari blog para travel blogger berpengalaman atau tanya ke teman yang biasa melakukan travelling atau konsultasi ke biro perjalanan terpercaya.

Cari Waktu Yang Tepat

Biaya yang besar sering kali disebabkan karena pemilihan waktu bepergian yang kurang tepat, di high season contohnya. Oleh karena itu, kamu bisa meminimalisir budget dengan cara mencari waktu bepergian di low season. Karena di waktu ini (low season, red) adalah waktu dimana tidak banyak orang melakukan liburan. Bahkan jika memungkinkan, ambilah waktu libur Anda di hari biasa (weekdays), sehingga kamu akan menghemat biaya liburan.

Mencari Travel Partner

Berlibur dengan travel partner atau teman perjalanan juga menjadi salah satu cara untuk dapat menghemat biaya perjalanan kamu. Selain kamu bisa menggunakan fasilitas twin sharing atau dormitory dalam penginapan kamu, kamu juga bisa lebih menghemat dengan menggunakan fasilitas paket wisata atau paket rombongan. Akan tetapi, cara ini kurang tepat bagi kamu yang ingin berlibur sendiri atau hanya dengan orang terdekat saja.

 

Buat Perencanaan dan Perincian Biaya

Hal selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk menghemat biaya setelah memperbanyak referensi adalah membuat perencanaan biaya yang akan dikeluarkan dan melakukan perincian biaya nya. Menentukan budget minimal diperlukan untuk pengeluaran wajib kamu selama perjalanan, seperti transportasi, akomodasi, biaya makan sehari-hari, serta lebihkan budget kamu untuk dana darurat selama perjalanan. Dengan adanya budget minimal, kamu dapat batasan untuk pengeluaran kamu dan terhindar dari pengeluaran yang tidak perlu.

Persiapkan Uang Tunai

Walaupun kamu memiliki saldo yang cukup banyak di beberapa akun pembayaran online, menyiapkan uang tunai/cash dalam jumlah yang cukup juga merupakan suatu hal yang penting kamu persiapkan. Hal ini dikarenakan masih ada beberapa tempat yang belum menggunakan layanan pembayaran online atau bahkan lebih memilih pembayaran tunai daripada online.

Dengan mempersiapkan beberapa tips diatas, semoga kamu dapat lebih siap untuk bepergian meskipun budget berlibur kamu dalam kondisi ngepas banget, hehe. Dan kamu juga bisa mengkonsultasikan liburan kamu ke biro perjalanan wisata terpercaya, seperti Ainon Holidays. Selamat berlibur!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *