Liburan Hemat Dan Menyenangkan

Cara Agar Liburan Bisa Hemat Dan Menyenangkan

Kamu pasti menginginkan bisa liburan hemat namun tetap bisa menyenangkan. Kebanyakan orang berpikir bahwa liburan itu menghabiskan uang yang banyak. Namun tidak selamanya pemikiran seperti itu benar. Liburan juga bisa dilakukan secara hemat dan tetap menyenangkan.

Liburan yang menyenangkan tidak harus pergi ke luar negeri. Negara kita Indonesia sangatlah luas dan ada banyak sekali destinasi wisata yang indah. Yang pasti bisa membuat liburanmu semakin hemat, menyenangkan dan bisa dekat dengan keluarga. Jadi buat kamu yang ingin bisa liburan hemat dan menyenangkan ada baiknya kamu baca tips berikut ini.

1. Lakukan Survey Lokasi

Sebaiknya kamu tentukan terlebih dahulu kemana kamu akan pergi. Hal ini untuk memastikan bahwa tempat yang ingin kamu kunjungi sesuai dengan pemikiranmu. Survei bisa dilakukan melalui internet, buku-buku wisata atau brosur dari agen travel.

Dengan melakukan survei kamu bisa mulai menghitung anggaran yang akan kamu keluarkan untuk berlibur ke tempat tersebut. Selain itu kamu juga bisa mengetahui jika ada promosi atau diskon sehingga kamu bisa berhemat anggaran pengeluaran.

2. Lakukan Pemesanan Jauh Hari

Setelah kamu menentukan tempat tujuan wisata, hal yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan kendaraan transportasi, memesan tempat penginapan dan juga pesan tiket tempat wisata jika dimungkinkan. Biasanya jika pemesanan dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari H, kamu akan mendapatkan harga diskon yang lebih murah atau akan mendapatkan penawaran khusus lainnya.

3. Jangan Pergi Saat Musim Liburan

Mayoritas dimanapun tempat wisata pada musim liburan atau high season harga akan lebih mahal dibandingkan hari biasa atau low season. Oleh karena itu jika kamu ingin berhemat, hindari pergi wisat saat musim liburan. Kamu bisa pergi sebelum atau sesudah musim liburan karena harga di tempat-tempat wisata akan berbeda. Selain itu kamu juga bisa lebih leluasa menikmati liburan karena tidak terlalu padat pengunjung.

4. Utamakan Kenyamanan Bukan Kemewahan

Pikirkan kenyamanan bukan kemewahan jika kamu ingin liburanmu bisa hemat. Namun jangan sampai karena kamu ingin berhemat, liburan menjadi tidak nyaman. Utamakan kenyamanan kamu, baik dalam memilih transportasi, tempat tinggal, atau pemandu wisata. Asalkan nyaman, pasti liburanmu akan menyenangkan.

5. Bawa Uang Tunai

Membawa uang tunai selama liburan bukan berarti untuk dipakai berfoya-foya, namun dengan membawa uang tunai kamu akan lebih bisa mengatur anggaran selama liburan. Dengan membawa uang tunai, kamu bisa melihat langsung berapa uang yang tersisa, sehingga dapat berpikir lebih dalam sebelum mengeluarkan uang.

6. Catatlah Pengeluaran

Apapun pengeluaran selama liburan, sebaiknya kamu catat. Hal ini bertujuan untuk membantu kamu mengatur dan mengetahui kemana saja uang kamu mengalir. Dengan mengetahui arus keuangan, kamu bisa menekan kemungkinan untuk boros dan berfoya-foya yang akan membuat liburan menjadi mahal.

7. Berbelanja Seperlunya

Berbelanja biasanya menjadi tujuan wisatamu terakhir kali. Keinginanmu untuk membeli oleh-oleh ataupun cinderamata biasanya tak bisa dibendung. Tentu membeli oleh-oleh dan beberapa barang boleh-boleh saja agar kamu dapat mengenang momen-momen selama liburan. Akan tetapi jangan jadikan belanja sebagai prioritas utama jika kamu ingin berhemat. Kamu bisa mencari tempat berbelanja yang murah tapi bagus. Biasanya berbelanja di pasar tradisional akan lebih murah dan lebih beragam dari pada berbelanja di toko oleh-oleh.

Nah itulah tips cara agar liburanmu bisa hemat dan menyenangkan. Jika kamu ingin berhemat dalam hal transportasi, kamu bisa juga pesan armada di Ainon Holidays untuk mengantar perjalanan liburanmu bersama keluarga atau rombongan. Yang pasti dengan tarif hemat dan kenyamanan terjamin.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *