Manfaat Solo Traveling

Solo traveling adalah kegiatan yang sedang digemari banyak anak muda Indonesia. Yup, pergi jalan-jalan ke tempat yang  belum pernah dieksplor sendirian memang sangat menantang, terutama untuk anak muda masa kini.

 

Bukan hanya seru, ternyata solo traveling memiliki berbagai macam manfaat loh. Berikut 5 manfaat solo traveling bagi kehidupanmu:

  1. Lebih pintar atur uang

 

Berhubung pergi sendirian, maka segala hal termasuk urusan keuangan diatur sendiri. Mulai dari urusan biaya tiket transportasi, penginapan, hingga konsumsi sehari-hari saat liburan harus kamu atur betul-betul tanpa bantuan orang lain.

 

Apalagi kalau kamu jalan dengan bujet minim, kemampuanmu untuk menyesuaikan bujet dengan aktivitas liburan akan lebih terasah lagi. Bila sering dilakukan, kamu akan lebih pintar atur uang nantinya.

  1. Punya waktu lebih banyak untuk nikmati liburan

 

Ketika kamu berpergian bersama teman bisa saja ada perbedaan pendapat dan keinginan soal tujuan wisata. Misalnya saat di Jogja kamu ingin pergi ke Candi Borobudur, Prambanan dan lainnya dalam satu hari penuh. tetapi temanmu lebih memilih wisata belanja seharian, tentu waktu untuk menikmati liburan akan hilang sedikit.

 

Maka dari itu, solo traveling akan membuat dirimu lebih bisa menikmati waktu liburan dengan enjoy dan sesuai keinginan.

 

  1. Banyak belajar tentang budaya setempat

 

Saat solo traveling kamu akan dipaksa oleh kadaan untuk lebih membaur dengan masyarakat setempat. Tentu hal ini adalah hal yang sangat positif karena kamu bisa belajar bagaimana bersosialisasi, lebih toleransi, dan belajar budaya yang berbeda.

  1. Menghilangkan sifat manja

 

Pastinya kalau kamu solo traveling apalagi dengan konsep backpacker, sifat manja harus dibuang jauh-jauh. Karena kamu menjalankan semuanya serba sendiri tanpa bantuan orang-orang dekat. Untuk itu, solo traveling sangat baik bagimu yang ingin menghilangkan sifat manja dan jadi lebih mandiri.

  1. Biaya bisa lebih murah

 

Jangan lupa, saat solo traveling biasanya budget yang kamu keluarkan jauh lebih murah. Mengapa bisa? Karena kamu bisa bergabung dengan traveler lainnya di tempat tujuan untuk saling patungan kalau ingin hal-hal tertentu.

 

Biasanya sesama solo traveler akan sangat senang melakukan hal ini. Karena benar-benar dapat meringankan biaya liburan.

Inilah Destinasi Wisata Indonesia Yang Terkenal Di Dunia

Indonesia merupakan negeri yang kaya. Sumber daya alamnya termasuk beberapa diantara sumber daya alam terbesar di dunia. Bukan hanya itu, Indonesia juga memiliki potensi wisata yang amat besar. Negerinya secara geografis merupakan negeri kepulauan yang memiliki banyak obyek-obyek wisata yang eksotis. Selain itu, letaknya yang berada pada garis khatulistiwa membuat Indonesia menjadi negara yang tidak memiliki perubahan musim kecuali hanya musim kemarau dan musim hujan. Dengan kondisi cuaca yang ada, daerah-daerah destinasi wisata Indonesia banyak didatangi oleh wisatawan asing terutama yang berasal dari negara-negara yang bercuaca dingin ekstrim. Selain itu, keberadaan banyak suku yang semuanya tergabung menjadi sebuah bangsa menjadikan Indonesia memiliki beberapa keunikan dari sisi budaya dan peradaban.

 

Berbicara daya tarik pariwisata, Indonesia merupakan salah satu dari banyak yang memiliki pariwisata yang unik. Keberadaan obyek-obyek wisata alam dan kebudayaan yang khas memberikan rasa penasaran kepada para turis sehingga mereka menjadikan Indonesia sebagai tujuan wisatanya. Lebih dari itu, sektor wisata lainnya seperti kuliner dan produk-produk kerajinan indonesiapun tidak jarang menjadi magnet yang membuat para turis mengunjungi Indonesia untuk memperolehnya. Nah, seluruh daya tarik pariwisata ini tersebar di daerah-daerah di seluruh Indonesia yang sangat luas terbentang dari ujung barat dan timur.

Daerah Destinasi Wisata Indonesia

  1. Lombok

 

Lombok merupakan sebuah kepulauan yang berada di provinsi Nusa Tenggara Barat. Letaknya berdampingan dengan Bali sehingga terdapat kemiripan antara keduanya dari sisi kebudayaan, peradaban dan bahasa. Dibandingkan Bali yang didominasi pemeluk agama hindu, Lombok didominasi pemeluk agama Islam.

 

Untuk daya tarik wisatanya, Lombok terkenal memiliki pantai-pantai yang indah. Selain itu terdapat pulau gili (pulau kecil) yang unik sehingga memperlihatkan pulau yang hijau dengan tumbuhan, putih dengan pasir putihnya dan biru karena dikelilingin laut. Tersedia fasilitas-fasilitas wisata yang memadai sehingga seluruh obyek wisata yang ada bisa dikunjungi oleh turis dari daerah manapun. Selain pantai dan pulau kecilnya, terdapat pulau gunung, air terjun, kegiatan adat tradisional, kuliner dan lain-lain yang juga menjadi bagian dari pariwisata Pulau Lombok yang bisa dinikmati oleh para turis.

  1. Bali

 

Bali merupakan daerah yang paling terkenal di kancah internasional dibandingkan daerah pariwisata lainnya di Indonesia. Sehingga banyak sekali turis mancanegara yang berwisata dan bahkan menjadi penduduk Bali. Bali merupakan salah satu dari banyak pulau di Indonesia yang luasnya tidak begitu besar namun menjadi provinsi tersendiri. Secara geografis, pulau yang merupakan provinsi ini dikelilingi oleh lautan dan pulau-pulau besar dan sangat terlihat kesan eksotisme di sini. Sehingga kehidupan di Bali pun sangat menyesuaikan dengan kondisi geografisnya yang dikelilingi pantai. Selain itu, di Bali juga berdiri beberapa tempat ibadah umat hindu yang juga terkesan unik dan khas karena masyarakatnya yang sebagian besar merupakan pemeluk umat hindu.

  1. Labuan Bajo

 

Labuan Bajo merupakan kota yang merupakan bagian dari provinsi Nusa Tenggara Timur. Sebagaimana Lombok dan Bali, daerah ini memiliki daya tarik wisata yang luar biasa. Di sini terdapat Pulau Komodo yang menjadi salah satu situs warisan dunia dengan reservasi Komodo, hewan yang diyakini telah berumur ratusan tahun. Pantai-pantai yang ada di sini sangat unik dengan pasir putih yang kontras dengan birunya lautan. Pantai-pantai ini masih relatif belum terjamah sama sekali sehingga masih terlihat keasliannya. Inilah yang bisa dikatakan menjadi daya tarik terbesarnnya.

Destinasi Wisata Raja Ampat Indonesia, sumber ig @pilbara_dive_and_tours

Destinasi Wisata Raja Ampat Indonesia, sumber ig @pilbara_dive_and_tours

  1. Jogjakarta

 

Sekarang kita beralih ke bagian Barat Indonesia yaitu Jogjakarta. Jogjakarta sangat lekat dengan sejarah Indonesia. Daerah ini terkenal dengan kebudayaannya karena masih terdapat kesultanan yang menjadi pewaris kebudayaannya. Selain daya tarik budaya, tentu saja Jogjakarta memiliki segudang daya tarik wisata lainnya seperti wisata alam, wisata sejarah, wisata edukasi, wisata kuliner, wisata belanja dan wisata-wisata lainnya. Sebagai daerah yang terletak di wilayah sentral Indonesia dan pulau yang terpadat Indonesia, bisa dikatakan Jogjakarta memiliki fasilitas wisata yang paling lengkap dari sisi sarana transportasi dan penginapan atau hotel. Jasa-jasa sewa dan paket wisata di Jogjakarta juga menjadi salah satu yang memudahkan para turis untuk tinggal menikmati perjalanan wisatanya tanpa harus banyak mencari-cari informasi dan mempersiapkan sendiri segala hal yang terkait kebutuhan wisatanya.

  1. Raja Ampat

 

Raja Ampat adalah kepulauan yang berada di bagian paling timur Indonesia tepatnya di Provinsi Papua Barat. Pulau ini sangat unik karena terdiri dari empat pulau kecil yang bersebelahan dan berdekatan dan menjadi satu kesatuan yaitu Raja Ampat. Tentu saja pulau-pulau ini juga dihiasi oleh keindahan alam dan pantai-pantai eksotis yang sering menjadi tujuan para turis untuk berwisata.

 

 

Mengenal Wisata Budaya di Suku Sasak di Lombok

Lombok memang tempat yang sangat istimewa untuk dijadikan lokasi wisata. Bagaimana tidak, pulau Lombok yang lokasinya berdampingan dengan pulau Dewata Bali ternyata memiliki banyak kesamaan dari sisi wisata alam, pantai juga kebudayaan termasuk juga urusan kuliner.

 

Maka, baik wisatawan lokal maupun asing, setelah mereka tinggal beberapa waktu di Bali, mereka juga akan mampir ke Lombok. Jika Anda berencana pergi ke Lombok, jangan lupa untuk mengunjungi dan mengenal Suku Sasak, suku asli Lombok. Ada banyak fakta yang menarik yang bisa ditemui ketika Anda mengunjungi Suku Sasak seperti:

 

Mengenal Suku Sasak Suku Asli Lombok

 

Agama

 

Suku Sasak yang mendiami Pulau Lombok berjumlah sekitar 2,5 juta orang. Mayoritas agama Suku Sasak adalah Islam. Hanya sebagian sangat kecil saja yang beragama Islam Wetu Telu dimana agama Islam ini berbeda dengan Islam pada umumnya atau dengan Islam mayoritas.

 

Islam Wetu Telu hanya dianut sekitar 1%. Agama minoritas kecil Boda juga ada dengan jumlah yang sangat sedikit sekali. Tentu, kegiatan keagamaan juga terlihat di sana. Mungkin, ini sangat unik mengingat biasanya suku asli suatu pulau masih mengikuti agama nenek moyangnya.

 

Adat Pernikahan

 

Hal unik berikutnya tentang Suku Sasak adalah tentang adat pernikahan. Kenapa dikatakan unik? Ya, bahkan bisa dibilang sangat langka dan mencengangkan. Pasalny, adat pernikahan Suku Sasak sangat berbeda dengan adat pernikahan pada umumnya dimana seorang gadis yang menikah harus mendapat restu terlebih dahulu.

 

Pemuda Suku Sasak, saat ingin menikahi seorang gadis, ia akan mendatangi ke rumah si gadis dengan beberapa orang kerabat yang nantinya akan menjadi saksi. Mereka kemudian pergi ke rumah si gadis diam-diam dan menculiknya tanpa sepengatahuan orang tua gadis. Setelah itu, si pemuda akan menemui suku adat agar menyampaikan kepada keluarga si gadis. Adat ini disebut Selarian atau Merarik.

 

Dialek Bahasa

 

Selain adat pernikahan, dialek bahasa juga sangat unik. Bahasa Suku Sasak adalah Bahasa Sasak. Bahasa ini sama dengan bahasa penduduk Sumbawa. Masih satu rumpun. Bahasa ini juga bisa ditemui di Bali atau Jawa.

 

Dialeknya sendiri bermacam-macam. Pembedaan dialek berdasarkan pembagian wilayahnya. Dialek Kuto-Kute untuk Sasak Utara, Ngeto-Ngete untuk Sasak Timur Laut, Meno-Mene untuk Sasak Tengah, Ngeno-Ngene untuk Sasak Timur Tengah dan Barat Tengah, dan Meriaq-Mriku untuk Sasak Selatan Tengah.

 

Mengenal Suku Sasak Suku Asli Gumantar Lombok

 

Rumah adat

 

Dari sekian keunikan Suku Sasak, mungkin bisa dibilang jika rumah adat Suku Sasak adalah yang paling unik. Keunikan pertama adalah dari sisi desain arsitekturnya. Rumah mereka berbentu lumbung dan memiliki hanya satu pintu.

 

Rumah adat ini sampai sekarang masih dijaga kelestariannya. Atap untuk rumah dibuat dari rumput alang-alang kering. Atap ini bisa bertahan sampai 7 atau 8 tahun. Dinding rumah dibentuk dari anyaman dan pintu kayu.

 

Yang paling unik adalah lantainya. Walau masih terbuat dari tanah liat, lantai rumah Suku Sasak sangat mengkilap halus layaknya keramik. Ada ‘resep’ tradisional yang digunakan oleh Suku Sasak untuk menyulap tanah liat terlihat halus dan rata yakni mencampur kotoran kerbau dan air yang kemudian digunakan untuk memoles lantai.

 

Campuran kotoran dan air itu akan disiram diatas tanah kemudian dengan tangan akan diratakan keseluruh bagian lantai. Awalnya sewaktu Suku Sasak menganut Animisme, dengan cara ini mereka percaya bahwa rumah mereka akan terlihat lebih bersih serta suci. Saat ini, walau mereka beragama Islam, cara seperti ini masih dipertahankan.

 

Mata pencaharian

 

Suku sasak memiliki beberapa mata pencaharian. Namun, yang paling utama adalah sebagai petani. Inilah alasan kenapa rumah mereka memiliki atap yang berbentuk lumbung padi. Ini bertujuan agar mereka bisa menyimpan hasil panen di dalam lumbung tersebut seperti menyimpan padi, jagung dan lain-lain.

 

Jika bukan musim panen, Suku Sasak terbiasa untuk mencari penghasilan dengan menenun. Oleh sebab itu, sebagai desa wisata, ketika Anda memasuki gang dari desa wisata ini akan dijumpai banyak warga setempat yang menawarkan kain tenun dengan motif dan harga yang berbeda-beda.

 

Anda juga bisa menawar harga untuk mendapatkan kain tenun dengan harga lebih murah. Ada juga motif khusus berbentuk lumbung padi dimana untuk membuatnya membutuhkan ritual tertentu sebelum proses tenun.

kuliner bandung

Kuliner Enak di Bandung, Hanya 2 Jam dari Jakarta

Jalan-jalan ke Kota Kembang, Bandung belum lengkap, nih, kalau gak sekalian nyicip makanan dan minuman yang ada di sana.

Apalagi, selain terkenal dengan wisata belanja dan wisata alamnya, Kota Bandung juga punya banyak banget, lho, tempat-tempat yang menjajakan makanan dan minuman unik khas kota ini.

Sebagian sudah legendaris, jadi selalu dipadati pengunjung, apalagi di akhir pekan. Yuk, simak tempat-tempatnya

1. ROTI SIDODADI

Beroperasi sejak tahun 1954, Roti Sidodadi jadi salah satu legenda kuliner asal Bandung. Roti yang dijual di toko ini punya banyak banget jenis isian, dimulai dari yang manis seperti keju, cokelat, kismis, pisang, sampai yang asin seperti baso dan daging asap. Kamu bisa membeli roti-roti ini secara satuan, dan dicampur dengan menu roti dari varian lainnya.

Karena udah berdiri sejak puluhan tahun lalu, Roti Sidodadi juga udah punya banyak pelanggan. Makanya, semakin pagi kamu datang, semakin besar kemungkinan kamu gak kehabisan roti incaranmu. Olahan roti jadul ini emang gak ada duanya, deh! Pas nyicipin, langsung terasa masuk mesin waktu ke masa lalu.

2. IMAH BABATURAN

Di kafe dengan suasana kayak di rumah ini, kamu bukan cuma bisa mencicip berbagai kopi dan minuman nikmat. Kamu juga bisa merasakan berbagai makanan a la rumahan yang diolah sampai menghasilkan rasa yang lezat banget. Dimulai dari soto ayam, gulai, tongseng, dan yang paling favorit, cumi sambal hijau. Pokoknya, serasa makan di rumah, deh!

Lokasinya juga strategis, lho! Imah Babaturan terletak gak jauh dari Tol Pasteur dan Mall Balubur Town Square. (Baca Juga: 5 Wisata Alam Pelepas Penat kalau Kamu ke Sumedang)

3. SATE DJ

Craving makanan yang pedas-pedas, tapi juga asin? Sate Dj-lah jawabannya, spesialis sate ayam asin-pedas di Kota Bandung! Kamu bisa menyicipi perpaduan rasa unik dari cita rasa asin dan pedas yang jarang ada di dalam olahan makanan-makanan lainnya.

Berbeda dengan jenis sate ayam yang biasa kita temui, Sate Dj gak pake bumbu kacang. Tapi ada tambahan sambal dan bumbu asin buat yang mau. Kayak kebanyakan tempat makan di pinggir jalan lainnya, Sate Dj baru buka saat malam hari. Saat akhir pekan, biasanya tempat ini penuh. Siap-siap datang lebih awal, dan mesti siap antre, ya!

4. SE’I SAPI LAMALERA

Menu olahan daging sapi khas Kupang, Nusa Tenggara Timur yang disajikan Sei Sapi Lamalera ini, ternyata jadi kegemaran banyak orang. Disajikan dengan berbagai jenis pilihan sambal, kamu bisa menikmati olahan daging sapi, lidah, atau daging ayam. (Baca Juga: Binus University Gelar Horror Film Week, Ini Cara Nontonnya secara Gratis via Daring)

Olahan se’i di sini disajikan dengan nasi putih dan kuah pelengkap. Hmm, pilihan makanan dan porsi yang cocok banget, nih, buat makan siang! Bisa mengisi perutmu sampai kenyang. Kalau kamu datang saat akhir pekan, siap-siap untuk mengantre, ya! Tapi itu semua sepadan dengan makanan enak yang akan kamu rasakan nanti.

5. BROTHER JONN AND SONS

Ada banyak restoran yang terkenal dengan menu burgernya. Tapi burger milik Brother Jonn and Sons gak kalah enaknya. Ada berbagai varian isian, dimulai dari daging, sampai jamur. Topping pelengkapnya juga beragam. Yang paling spesial adalah isian dari berbagai menu burger di sini gak pernah tanggung-tanggung porsinya! Dijamin, perutmu langsung kenyang.

Yang juga unik dari makan di Brother Jonn and Sons ini adalah kamu bisa merasakan sensasi baru makan makanan di food truck! Tempat ini juga tetap menyediakan kursi dan meja untuk dine-in. Terletak di outdoor, kamu sekaligus bisa menikmati udara dan suasana Kota Bandung yang sejuk! Cocok juga buat nongkrong bareng teman-teman.

Berwisata

Tips Berwisata Menggunakan Bus

Berwisata seharusnya memberikan kepuasan bagi kita. Jika ternyata tidak demikian, maka harus diketahui apa penyebabnya. Ternyata kurang persiapan bisa membuat kepuasan dalam berwisata menjadi berkurang. Ada saja hal-hal seperti ketertinggalan barang, ketidaksiapan biaya, kurang fit dengan cuaca yang mendadak berubah termasuk ketidaknyamanan ketika sedang dalam perjalanan.

Untuk tempat-tempat wisata yang jauh dari luar daerah, menggunakan bus memang menjadi andalan. Apalagi jika berangkat bersama rombongan, menyewa bus pariwisata bisa menjadi alternatif yang bagus. Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum menggunakan bus saat hendak berwisata. Keamanan dan kenyamanan selama perjalanan patut menjadi perhatian utama. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengantisipasi perjalanan menuju tempat wisata menggunakan bus pariwisata. Umtuk kegiatan berwisata dengan membawa bayi maka lebih baik menggunakan kendaraan sewaan atau pribadi.

1. Jaga barang-barang berharga

Hal ini penting untuk diperhatikan karena bisa saja kamera, uang tunai, ponsel dan laptop yang mungkin dibawa menarik perhatikan pencuri yang sedang mencari mangsa. Karena itulah sembunyikan tas yang berisi barang-barang berharga yang dibawa di tempat-tempat yang aman. Biasanya para wisatawan baru sadar ada yang hilang begitu sampai di tempat tujuan. Perhatikan pula wisatawan backpacker lain. Jangan mudah percaya terhadap orang asing. Untuk lebih amannya biasanya berwisata bersama kerabat atau teman-teman sehingga ketika sedang harus meninggalkan barang-barang kita bisa menitipkannya kepada teman-teman atau kerabat kita.

3. Bawa jaket dan syal

Kota yang panas, pengap dan polusi mungkin membuat enggan untuk membawa jaket. Namun saat sudah di bus yang memiliki pendingin di setiap kursinya, pasti akan merasakan kedinginan karena pendingin langsung mengarah ke penumpang. Karena itulah bawa jaket dan syal selama perjalanan karena akan membuat kenyamanan dan kehangatan selama perjalanan.

Syal yang dibawa pun bisa menjadi bantal yang nyaman apabila digunakan di leher atas atau sebagai penutup kepala. Selain itu juga apabila perjalanannya jauh bahkan sampai bermalam di bus, hindari penggunaan celana pendek atau celana berbahan jeans karena akan membuat kaki kedinginan. Sehingga hal itu sangat membuat tidak nyaman selama perjalanan, bukan?

3. Bawa camilan

Membawa makanan ringan selama perjalanan akan menekan pengeluaran dari membeli makanan yang tidak diperlukan. Memang bus akan berhenti di tempat-tempat istirahat, tetapi biasanya makanan-makanan yang ada disana tergolong mahal karena pajaknya yang besar.
Maka dari itu, persiapkan makanan dan minuman dari rumah agar tidak merasakan lapar di tengah perjalanan. Membawa makanan ringan juga efektif untuk menahan kebutuhan toilet. Demikian ulasan tips menggunakan bus saat berwisata. Masih banyak yang bisa Anda lakukan untuk persiapan yang lebih matang sehingga Anda bisa menikmati perjalanan Anda.