Diagnosa Virus Corona yang Harus Kamu Tau

Diagnosa Virus Corona yang Harus Kamu Tau – Virus corona saat ini menjadi momok bagi setiap orang. Tidak hanya di China saja yang menjadi sumber adanya virus corona, melainkan Indonesia pun saat ini dibayang-bayangi oleh virus tersebut. Memang menurut medis, seseorang yang sudah terpapar dan positif terjangkit virus corona, masih bisa disembuhkan. Walaupun sampai saat ini vaksin dari virus tersebut belum ditemukan. Berbagai daya dan upaya telah dilakukan oleh tim medis serta di dukung oleh seluruh rakyat Indonesia. Yang perlu diwaspadai dari virus ini adalah penyebarannya yang cepat dan masif sehingga bisa jadi saat ini virus tersebut ada di sekitar kita.

Diagnosa Virus Corona yang Harus Kamu Tau
Diagnosa Virus Corona yang Harus Kamu Tau

Persebaran virus tersebut sudah masuk ke berbagai daerah di Indonesia. Berbagai hal telah dilakukan oleh pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah. Kebijakan tersebut diharap bisa dipatuhi oleh seluruh rakyat sehingga persebaran virus tersebut bisa ditekan dan proses penyembuhan bisa dipercepat.

Diagnosa Virus Corona yang Harus Kamu Tau

Untuk menentukan apakah seorang pasien telah terinveksi virus corona, dokter pasti akan menanyakan gejala-gejala yang dialami pasien dan riwayat perjalanan. Hal ini penting untuk mengetahui jika memang seseorang pasien tersebut positif bisa dilacak dari mana pasien tersebut terinfeksi. Selain itu juga sang dokter menanyakan sang pasien sudah kontak dengan siapa saja. Hal ini bertujuan untuk memutus mata rantai dan segera melakukan tindakan preventif agar rantai persebaran bisa di hentikan.

Nah, untuk memastikan diagnostik seseorang sudah terpapar virus corona, dokter secara medis akan melakukan beberapa pemeriksaan. Diantaranya :

  • Rapid Test yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana antibodi (IgM dan IgG) yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus corona.
  • Swap Test atau Tes PCR (Polymerase Chain Reaction) yang bertujuan untuk mendeteksi virus corona ada di dalam dahak manusia.
  • CT Scan dan rontgen dada yang bertujuan untuk mendeteksi infiltrat atau cairan di paru-paru.

Ketiga tahapan tersebut merupakan urutan. Dimana seseorang yang memiliki gejala akan melakukan rapid test, kemudian jika masih positif dalam dua kali pengetesan, maka akan dilakukan swap test. Kemudian untuk melengkapi seorang pasien harus melakukan CT scan dan rontgen bagaimana kondisi virus corona yang sudah menyerang paru-paru.

Demikianlah beberapa tahapan diagnosa virus corona yang harus kamu jalani ketika kamu memiliki gejala yang mirip dengan gejala terserang virus corona. Semoga wabah ini bisa segera di selesaikan dengan berbagai cara yang bisa dilakukan oleh pemerintah dan seluruh warga masyarakat Indonesia. Kemudian kamu bisa kembali lagi menjalani aktifitas normal dan bisa kembali mengeksplor berbagai tempat wisata yang ada di Indonesia bersama armada dari Ainon Holidays.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *