Gejala Awal Covid-19 yang Harus Kamu Pahami

Gejala Awal Covid-19 yang Harus Kamu Pahami

Gejala Awal Covid-19 yang Harus Kamu Pahami – Saat ini sedang marak penyebaran virus corona atau covid-19 yang tidak hanya menyerang negara Indonesia, melainkan juga negara-negara lain di dunia. Menurut WHO (World Health Organization) telah mengeluarkan ketentuan bahwa beberapa gejala awal orang yang terinfeksi virus corona diantaranya adalah demam, kelelahan, batuk kering, dan sesak nafas. Gejala tersebut merupakan gejala ringan dan berlangsung secara bertahap. Tetapi ada juga orang-orang yang sudah terinfeksi tetapi tidak menunjukkan gejala apapun dan merasa tidak enak badan. Kebanyakan orang-orang yang yang terinfeksi sebenarnya bisa pulih tanpa ada perlu perawatan khusus.

Di lain sisi, ada banyak orang tua atau orang yang sebelumnya sudah memiliki penyakit bawaan yang sifatnya serius. Diantaranya penyakit tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol, dan lain sebagainya yang bisa berkembang makin parah. Apalagi jika ketika seseorang tersebut sudah terjangkit virus corona, bisa jadi penyakit yang diidap oleh orang tersebut akan makin parah dan dimungkinkan bisa terjadi kematian.

Gejala Awal Covid-19 yang Harus Kamu Pahami
Gejala Awal Covid-19 yang Harus Kamu Pahami

Oleh karena itu, pemerintah Indonesia telah menerbitkan protokol kesehatan yang harus di patuhi oleh setiap warga masyarakat jika terdapat orang-orang di sekitarnya yang diindikasi memiliki gejala seperti terserang virus corona.

Gejala Awal Covid-19 yang Harus Kamu Pahami

  • Jika kamu merasa tidak sehat dengan kriteria sebagai berikut :
    • Demam lebih dari 38 derajat celcius
    • Batuk/radang tenggorokan

Yang harus kamu lakukan adalah istirahat yang cukup dirumah dan minum air putih yang cukup. Jika ada keluhan yang berlanjut, disarankan untuk mengunjungi faskes terdekat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Pada saat kamu mengunjungi faskes terdekat, kamu harus lakukan :

    • Pergunakan masker
    • Jika tidak memiliki masker, gunakan etika dalam batuk atau bersin yang benar dengan cara menutup mulut dan hidung dengan menggunakan tisu atau lengan atas bagian dalam
    • Usahakan untuk tidak menggunakan transportasi umum
  • Tenaga medis di faskes akan melakukan screening pasien dalam pengawasan Covid-19.
    • Jika memenuhi kriteria sebagai pasien dalam pengawasan covid maka akan dirujuk langsung ke salah satu RS rujukan terdekat
    • Jika tidak memenuhi kriteria, maka akan dilakukan rawat inap atau rawat jalan tergantung diagnosa dan keputusan tim medis faskes tersebut.
  • Jika akan dibawa ke RS rujukan, maka tim medis yang mendampinginya dalam ambulans harus menggunakan APD lengkap sesuai dengan protap
  • Di RS rujukan, kamu yang memenuhi kriteria pasien dalam pengawasan covid-19 akan dilakukan pengambilan spesimen untuk dilakukan tes laboratorium dan dirawat di ruang isolasi.
  • Spesimen akan dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Jakarta dan hasil akan diterima lebih kurang dalam waktu 1 x 24 jam.

Demikianlah tahapan yang harus kamu ketahui mengenai gejala awal dan step-by-step ketika harus dilakukan penanganan sehingga setiap warga masyarakat mengetahui bagaimana menyikapi penyakit ini sehingga tidak perlu bingung dan ketakutan. Yang terpenting saat ini bagi kamu yang masih sehat, tetap jaga kesehatan dengan konsumsi makanan yang menyehatkan dan pola hidup menyehatkan pula. Semoga wabah virus ini segera berakhir dan kembali seperti sedia kala lagi bersama Ainon Holidays.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *