Hal Penting Berwisata Saat New Normal

Hal Penting Berwisata Saat New Normal

Hal Penting Berwisata Saat New Normal – Liburan atau wisata sudah menjadi kebiasaan bagi setiap orang. Apalagi bagi kaum milenial yang memiliki tekad kuat untuk berlibur kemana saja yang mereka inginkan. Apalagi di saat kondisi wabah virus corona ini, setiap orang membatasi atau terbatasi untuk melakukan perjalanan ke tempat wisata. Sehingga hanya bisa di rumah saja untuk mendukung program pemerintah dalam memutus rantai persebaran virus corona khususnya di Indonesia. Dengan peran serta kita dalam mendukung program pemerintah dalam memutus rantai persebaran virus corona, segalanya bisa segera diatasi. Sehingga kedepannya bisa berjalan dengan baik dan normal seperti sedia kala.

Hal Penting Berwisata Saat New Normal

Sesuai dengan perintah presiden, bahwasanya terdapat syarat untuk membuka sektor pariwisata di suatu daerah. Syarat tersebut adalah R0 (basic reproductive number, R-naugt) atau potensi penularannya dibawah 1. Hal tersebut yang menjadi dasar pemerintah pusat membolehkan sektor pariwisata untuk mulai beroperasi.

Memang untuk membuka sektor ekonomi akan ada dampak buruknya. Salah satunya adalah tingkat persebaran virus yang akan kembali meningkat. Namun demikian, hal tersebut sejatinya baik dari pengurus tempat wisata maupun para wisatawan yang dating berkunjung untuk tetap menjalani protokol kesehatan yang telah di tetapkan oleh pemerintah. Diantaranya adalah dengan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, membawa hand sanitizer sendiri, cek suhu tubuh, dan lain sebagainya. Hal tersebut tetap dilaksanakan terus menerus dan konsisten sampai dengan perbaikan status covid-19 di wilayah tersebut. Dan alangkah baiknya memang setiap warga masyarakat pelaku wisata untuk tetap mengikuti setiap anjuran pemerintah.

Lakukan Simulasi dan Uji Coba SOP

Bagi daerah yang ingin membuka sektor pariwisata, menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyatakan adanya sejumlah tahapan yang harus dilalui oleh daerah tersebut sebelum membuka sektor pariwisata. Diantara tahapan-tahapan tersebut adalah pembuatan SOP (Standar Operasional Prosedur), kemudian simulasi, dan uji coba. Jika tahapan-tahapan tersebut bisa dilalui dengan baik dan tidak ada pergerakan penyebaran virus corona, maka sektor pariwisata di daerah tersebut bisa di buka kembali untuk umum. Namun demikian, alangkah baiknya memang untuk pembukaan sektor pariwisata dilakukan bertahap. Mulai untuk wisatawan daerah tersebut saja, kemudian bisa dibuka untuk umum.

Semoga dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan penjabaran hal penting berwisata saat new normal, semua pelaku wisata bisa menerimanya dengan baik. Sehingga para wisatawan yang datang bisa berwisata dengan baik dan tidak ada lagi persebaran virus corona di tempat wisata. Dan kamu pun bisa berwisata dengan bahagia bersama Ainon Holidays.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *