Suasana Hutan Mati Papandayan Garut. Sumber instagram oppoindonesia

Hutan Mati Papandayan yang Eksotis

Hutan Mati Papandayan yang Eksotis – Garut adalah salah satu daerah yang ada di provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini memiliki bentang alam yang paling diunggulkan di Jawa Barat. Dari sisi utara sampai sisi selatan memiliki banyak tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Keindahan yang dimilikinya pun tidak disia-siakan. Dengan banyaknya tempat wisata yang ada khususnya dalam hal wisata alamnya, menandakan bahwa kabupaten Garut memiliki andil untuk menjaga dan melestarikan tempat wisata alam yang ada di Garut.

Suasana Hutan Mati Papandayan Garut. Sumber instagram oppoindonesia
Suasana Hutan Mati Papandayan Garut. Sumber instagram @oppoindonesia

Secara geografis, kabupaten Garut berada di ketinggian terendah di sepanjang pesisir pantai Garut selatan sampai di dataran tinggi yang berada di Puncak Pegunungan Cikurai dengan ketinggian 2.821 meter diatas permukaan laut. Salah satu tempat wisata yang menjadi rekomendasi bagi para wisatawan adalah hutan mati Papandayan Garut. Tempat ini merupakan kawasan ekosistem dari gunung Papandayan. Tadinya tempat ini sangat sejuk karena di tumbuhi oleh berbagai tanaman yang hijau dan lebat dan saat ini sudah gersang dengan pemandangan pepohonan kering yang unik.

Sejarah Hutan Mati Papandayan

Menurut sejarah hutan mati Gunung Papandayan ini diawali ketika terjadi letusan yang luar biasa yang terjadi beberapa ratus tahun silam. Letusan tersebut terjadi kira-kira pada tanggal 11 – 12 Agustus 1772. Letusan tersebut mengakibatkan wilayah di sekitarnya rata dengan tanah. 4 perkampungan yang ada di sekitarnya pun tidak luput dari dampak letusan tersebut. Tercatat sekitar 3.000 penduduk pada waktu itu terkubur oleh lahar yang menyebar di sekitar gunung tersebut.

Pemandangan Hutan Mati Papandayan Garut. Sumber instagram nyshadevita
Pemandangan Hutan Mati Papandayan Garut. Sumber instagram @nyshadevita

Jika dilihat, memang tempat ini sekilas merupakan suatu tempat yang angker dan menyeraman. Akan tetapi jika dilihat dari sudut pandang lain, terlihat ratusan pohon dengan jenis cantigi berwarna hitam tumbuh di wilayah material hasil letusan gunung tersebut. Sehingga menciptakan keunikan tersendiri yang terdapat disana.

Baca juga :

Jangan kaget ketika kamu berkunjung ke tempat wisata tersebut dan menemukan bau yang sedikit asing di hidung. Aroma tersebut berasal dari belerang yang cukup menyengat. Pastinya kamu harus berhati-hati dan disarankan untuk menggunakan masker ketika mendekati kawasan tersebut. Biasanya wisatawan yang datang ke tempat ini selalu mengabadikan momen kebahagiaan mereka berkunjung ke Hutan Mati Papandayan ini. Sehingga bisa menjadi materi untuk di masukkan ke dalam instagram mereka. Atau minim dijadikan album kenangan di dalam smartphone masing-masing.

Lokasi Hutan Mati Papandayan

Bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan wisata ke Hutan Mati Papandayan ini, lokasi tempat wisata ini berada di Karamat Wangi, kecamatan Cisurupan, kabupaten Garut, Jawa Barat. Secara jarak, lokasi tempat wisata ini tergolong jauh. Jaraknya sekitar 69 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan. Itupun jika tida macet dan kendala di jalan. Bagi kamu yang bingung bisa menggunakan aplikasi google maps dengan cara klik disini.

harga Tiket masukĀ 

Untuk bisa menikmati segala hal yang ada di dalam tempat wisata ini kamu perlu mengeluarkan uang untuk membayar tiket sekitar Rp 35.000 per orang. Biaya tiket tersebut pastinya belum termasuk biaya parkir. Dimana untu biaya parkir sendiri sebesar Rp 30.000 untuk mobil.

Kawah Hutan Mati Papandayan. Sumber instagram twisanggeni
Kawah Hutan Mati Papandayan. Sumber instagram @twisanggeni

Bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat wisata tersebut, Ainon Holidays akan siap memberikan pelayanan terbaik dalam menemani perjalanan wisatamu bersama keluarga ataupun bersama teman-teman. Pastinya ada berbagai armada yang siap mengantarkan kamu dan rombongan ke tempat wisata mana saja yang ingin kamu tuju. Tentunya hal tersebut akan memudahkan kamu dalam perjalanan wisatamu. Untuk itu, yuk segera amankan armada terbaik kami dengan cara klik disini sekarang juga.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *