Jembatan Kota Intan

Jalan-Jalan di Kota Tua Jakarta

Jalan-Jalan di Kota Tua Jakarta – Berbicara mengenai kota tua Jakarta, pasti identik dengan tempat wisata yang berisikan berbagai bangunan tua yang hingga saat ini masih terjaga keasliannya. Bangunan-bangunan tersebut merupakan bangunan bersejarah yang dirawat dengan baik. Tujuannya adalah untuk sebagai bahan pembelajaran bagi kita para penerus bangsa. Pernahkah kamu jalan-jalan di Kota Tua Jakarta? Bagi yang belum, coba deh kunjungi tempat wisata tersebut. Kamu bisa melakukan beraneka macam hal di tempat tersebut. Bisa foto bersama dengan patung manusia, bisa bermain sepeda onthel, jalan-jalan mengelilingi museum, dan lain sebagainya.

Jalan-Jalan di Kota Tua Jakarta
Jalan-Jalan di Kota Tua Jakarta

Banyaknya bangunan yang ada di kota tua, menjadikan kamu harus mengunjungi tiap bangunan tersebut. Karena setiap bangunan memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Mau tau apa saja bangunan-bangunan yang unik tersebut? Yuk pantengin terus artikel ini hingga selesai.

Jalan-Jalan di Kota Tua Jakarta

Museum Fatahillah

Museum Fatahillah Jakarta
Museum Fatahillah Jakarta

Museum ini memiliki nama resmi Museum Sejarah Jakarta. Lokasinya ada di jalan Fatahillah no. 1, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat. Luas bangunan ini lebih kurang 1.300 meter persegi. Kenapa memiliki sebutan museum Fatahillah? Konon ceritanya, karena bangunan ini berada di jalan Fatahillah, maka gedung tersebut diberi nama museum Fatahillah. Arsitektur dari bangunan ini sama dengan Istana Dam di Amsterdam, Belanda. Di dalam museum kamu bisa melihat ruangan-ruangan yang diantaranya terdapat ruang pengadilan, ruang penjara, dan lain sebagainya. Walaupun sudah beberapa kali di renovasi, museum ini masih memiliki bentuk yang mirip dengan aslinya.

Cafe Batavia

Cafe Batavia Kota Tua
Cafe Batavia Kota Tua

Cafe Batavia terletak di depan Museum Fatahillah dengan alamat jalan pintu besar utara no. 14 RT 7 RW 7, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat.  Cafe ini berdiri sejak tahun 1993 dengan nuansa bangunan kolonial Belanda. Di dalamnya memang dibuat unik dan tertata rapi, seakan-akan berada di jaman kolonial beneran. Sehingga banyak orang yang merasa betah berlama-lama di cafe ini.

Menu yang tersaji di cafe ini beraneka macam. Dari makanan barat hingga makanan Indonesia pun ada disini. Suasana asyik nan romantis disini menjadikan tempat ini cocok dan asyik buat nongkrong. Pada hari Senin-Jum’at, cafe ini buka jam 08.00 – 01.00 WIB. Sedangkan pada saat weekend (Sabtu-Minggu), cafe ini buka jam 08.00 – 02.00 WIB.

Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan
Jembatan Kota Intan

Jembatan ini konon merupakan jembatan tertua di Indonesia. Jembatan ini dibangun pada tahun 1628 oleh pemerintah VOC. Lokasinya berada di Pademangan RT 8 RW 7, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat. Letaknya berada di ujung utara jalan kali besar barat dan jalan kali besar timur. Ketika kamu menyusuri bangunan-bangunan kuno di kota tua, kurang pas ketika kamu belum berkunjung ke jembatan kota intan untuk mengabadikan momen tersebut.

Demikianlah beberapa informasi mengenai tempat wisata di daerah kota tua. Senang rasanya ketika bisa jalan-jalan di kota tua Jakarta. Sembari merasakan suasana tempo dulu, sekaligus belajar mengenai sejarah tempo lalu dari berbagai sudut. Untuk itu, bagi kamu yang ingin berkunjung ke kota tua, kamu bisa menghubungi Ainon Holidays untuk penghantaran dengan kendaraan terbaik kami.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *