Jenis Bus Pariwisata

Kategori Bus Pariwisata Berdasarkan Kapasitas Penumpang

Pastinya kamu pernah menaiki bus pariwisata, namun apakah kamu tau kategori bus yang sedang kamu naiki. Terus apa gunanya kita mengetahui kategori bus pariwisata. Nah justru itu, kamu harus tahu kategori bus pariwisata. Apalagi buat kamu yang ingin menyewa bus pariwisata untuk mengantar perjalanan wisata kamu. Soalnya jika kamu tidak tau kategori bus, bisa jadi nantinya kamu akan mengalami kendala di jalan.

Sebagai contoh, kamu ingin melakukan perjalanan wisata ke salah satu tempat dengan membawa 50 orang penumpang. Tanpa berpikir panjang kamu menyewa sebuah bus besar dengan kapasitas bisa menampung 50 orang. Namun dalam perjalanan menuju obyek wisata, ternyata yang bisa masuk ke tempat parkir obyek tersebut hanyalah bus kecil.

Agen Travel Depok Lampung dengan Layanan Antar Jemput

Sedangkan bus besar tidak bisa melaluinya karena akses jalan yang terlalu sempit. Nah kalau sudah kejadian seperti ini pastinya kamu sendiri yang akan repot. Padahal jalan untuk masuk ke obyek tersebut masih cukup jauh. Kenapa dari awal tidak menyewa 2 bus kecil saja, agar penumpang bisa dibagi menjadi 2.

Oleh karena itu, kenali dulu jenis bus pariwisata berdasarkan penumpang. Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan apa saja jenis bus pariwisata itu.

1. Mini Van

Mini Van merupakan kendaran yang menggunakan 4 ban yang bisa menampung hingga 20 orang penumpang.

2. Medium Bus

Medium Bus merupakan bus kecil atau yang sering kita sebut sebagai bus 3/4. Kapasitas untuk medium bus ini maksimal 35 tempat duduk. Sedangkan untuk konfigurasi atau tatanan kursinya adalah 2-2 yaitu 2 dibaris kanan dan 2 dibaris kiri.

3. Junior Bus

Junior Bus merupakan terobosan terbaru saat ini, yaitu sebuah upgrade dari medium bus yang memiliki kapasitas 39 tempat duduk. Namun junior bus bukan berarti bus medium yang ditambah kursinya, akan tetapi body dari junior bus memang lebih panjang dari pada medium bus dan lebih kecil dari pada bus besar. Untuk konfigurasi kursinya adalah 2-2.

4. Big Bus

Big Bus atau yang sering kita sebut sebagai Bus Besar memiliki kapasitas maksimal hingga 59 tempat duduk. Namun ada dua jenis konfigurasi kursi pada sebuah bus besar ini. Konfigurasi pertama adalah kursi 3-2 dengan maksimal kursi 59 atau sering disebut sebagai bus kelas ekonomi. Sedangkan konfigurasi kedua adalah kursi 2-2 dengan maksimal kursi 48. Pada konfigurasi kursi 2-2 inilah biasanya bus akan lebih nyaman karena memiliki ruang yang cukup lenggang apalagi jika digunakan untuk perjalanan wisata.

Bus besar dengan kapasitas kursi 59 dan 48 memiliki ukuran yang sama, yang membedakan hanyalah konfigurasi tempat duduknya saja. Sedangkan untuk fasilitas bus didalamnya tergantung dengan masing-masing operator bus tersebut.

Tarif Travel Lampung Bekasi Terbaru 2021 Bisa Door to Door

Nah itulah kategori bus pariwisata berdasarkan kapasitas penumpang. Setelah mengetahui kapasitas bus, sebelum menentukan jenis bus yang akan disewa kamu juga harus tahu medan atau jalan yang akan dilalui. Karena tidak semua obyek wisata di Indonesia bisa dilalui dengan semua kendaraan. Jika kamu juga bingung memilih perusahaan bus pariwisata yang armadanya memiliki fasilitas lengkap, kamu bisa menggunakan Bus Ainon Holidays yang memiliki banyak jenis armada.

Kontak Reservasi Sewa Bus Pariwisata Jakarta

PT Ainon Untung Lestari

  • Raya Tipar Cakung No.23 Cakung Jakarta Timur 13910 Indonesia
  • Call Us Anytime: (021) 80808912
  • Booking Bus: 089 5121 59 888
  • Email Us: ainonholidays@gmail.com

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *