Danau Kawah Kelimutu Flores. Sumber instagram dank_arief

Keindahan Gunung Kelimutu di Flores yang Bisa Kamu Kunjungi

Keindahan Gunung Kelimutu di Flores yang Bisa Kamu Kunjungi – Bagi setiap wisatawan yang menyukai akan keindahan alam, pastilah ingin mencari tempat wisata yang indah dan alami. Salah satu tempat yang seperti itu adalah Gunung Kelimutu yang ada di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Nama Kelimutu sendiri berasal dari gabungan kata yaitu keli dan mutu. Keli artinya adalah gunung dan Mutu adalah mendidih. Sesuai dengan namanya saja, gunung ini merupakan gunung yang selalu atau terus bererupsi. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.639 meter diatas permukaan laut atau sekitar 5.377 kaki. Gunung yang indah ini berada di desa Pemo, kecamata Kelimutu, kabupaten Ende, Flores.

Danau Kawah Kelimutu Flores. Sumber instagram dank_arief
Danau Kawah Kelimutu Flores. Sumber instagram dank_arief

Taman Nasional Kelimutu yang melingkupi gunung tersebut merupakan taman terkecil diantara taman nasional lainnya yang ada di wilayah Bali sampai dengan Nusa Tenggara. Aan tetapi, jangan salah walaupun lokasinya atau lahan taman nasionalnya kecil, keindahan yang dimiliki oleh taman nasional tersebut tidak kalah dan mungkin lebih indah dan wajib untuk dikunjungi. Di puncak gunung terdapat danau kawah yang wajib untuk kamu kunjungi. Disana terdapat tiga danau kawah dengan warna yang berbeda antara satu dengan lainnya. Ada merah, putih, dan biru. Dan ketiga warna tersebut terkadang berubah-ubah. Dan itulah keindahan danau di puncak Gunung Kelimutu.

Akses ke Tempat Wisata

Bagi kamu yang berasal dari luar kota, pertama kali kamu harus mengunjungi kabupaten Ende. Kemudian kamu perlu melanjutkan perjalanan ke Desa Moni yang merupakan salah satu desa yang berada di kaki Gunung Kelimutu. Jarak antara kabupaten Ende ke desa Moni sekitar 50 kilometer dan dari desa Moni ke gerbang pintu masuk Taman Nasional Kelimutu sekitar 15 kilometer. Jadi perjalananmu untuk sampai ke Taman Nasional Kelimutu tidaklah pendek dan cepat. Perlu perjuangan untuk bisa melihat keindahan alam yang sungguh menakjubkan tersebut.  Dan pastinya sesampai disana, rasa lelah kamu akan terobati dengan keindahan alam yang tersaji tersebut.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke kawasan wisata Taman Nasional Kelimutu bagi para pengunjung domestik hanya harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara harga tiket masuknya sebesar Rp 150.000 per orangnya. Cukup murah khan? Dan pastinya setelah kamu berhasil masuk dari gerbang taman nasional tersebut kamu akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki untuk bisa melihat keindahan Gunung Kelimutu dari dekat.

Fasilitas

Bagi kamu yang memang ingin berkunjung ke Gunung Kelimutu, disana sudah terdapat beberapa fasilitas yang akan menunjang kunjunganmu di sana. Diantaranya terdapat toilet di beberapa titik, gazebo, lahan parir, kios jajanan yang menjual makanan dan minuman, dan fasilitas lainnya. Sehingga kamu tidak perlu bingung lagi menanyakan fasilitas yang terdapat di tempat wisata Taman Nasional Gunung Kelimutu Flores.

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Danau Kelimutu Flores dan tempat wisata lainnya di Flores, kamu bisa menghubungi Ainon Holidays. Cocok bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan darat secara bersama-sama. Walaupun secara jarak tergolong jauh, tapi tidak ada salahnya dicoba menyusuri jalan aspal untuk mendapatkan keindahan alam di Taman Nasional Gunung Kelimutu. Tunggu apalagi? Yuk segera hubungi tim Ainon Holidays untuk paket perjalanan wisata bersama rombongan ke daerah Flores. Dan pastikan perjalanan wisatamu akan aman, nyaman, dan menyenangkan bersama Ainon Holidays. Yuk segera hubungi kami dengan cara klik disini sekarang juga.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *