Mengatasi Bosan Saat Terjebak Macet

Jumlah penduduk Jakarta konon bertambah pada pagi hingga sore hari. Penyebabnya, banyak warga di kota-kota penyangga, seperti Tangerang, Bekasi, atau Depok, bekerja di Jakarta. Mereka inilah, juga sejumlah warga Jakarta yang harus menempuh perjalanan jauh dari timur ke barat atau dari utara ke selatan, yang harus “menikmati”  rasa bosan saat menghadapi kemacetan setiap hari.

Bayangkan, betapa berharganya waktu yang terbuang di jalanan hanya karena Anda terjebak macet. Sebuah laporan di situs ABC News bahkan menyebutkan bahwa pengamatan lalu lintas di Texas Transportation Institute menunjukkan bahwa di 68 area urban yang disurvei, rata-rata pengendara menghabiskan 34 jam setahun di tengah kemacetan.

 

Sementara kemacetan di Jakarta belum dapat diatasi, tak ada cara lain yang kita lakukan kecuali menghadapinya. Namun, agar tidak suntuk, Anda bisa mencoba melupakan penatnya badan selama terkurung di dalam kendaraan dengan melakukan beberapa aktivitas berikut.

 

Belajar bahasa asing.

Entah Anda mengemudikan mobil sendiri, atau menjadi penumpang, Anda bisa memanfaatkan waktu untuk belajar bahasa asing. Beli saja CD belajar bahasa asing dan dengarkan untuk melupakan kekesalan akibat kendaraan yang bergerak hanya sejengkal demi sejengkal. Bila Anda memang sedang belajar salah satu bahasa asing, belajar di dalam mobil juga menjadi waktu yang tepat jika Anda malu harus mengulang kata-kata asing dengan keras. Tetapi, jika Anda berkendara seorang diri, hati-hati, jangan sampai konsentrasi Anda terganggu!

 

Mendengarkan “audiobook”.

 

Jika Anda tergolong orang yang sering pusing saat membaca di mobil (sebagai penumpang tentunya), audiobook bisa menjadi pilihan. Saat ini sudah cukup banyak pilihan audiobook yang bisa diunduh gratis, dari novel, sastra klasik, hingga kisah motivasi dari motivator andal. Coba buka BookShouldbeFree.com. Anda bisa mengunduhnya ke MP3 player atau iPod.

 

Mengisi teka-teki silang atau bermain “game”.

Jangan meremehkan games atau teka-teki silang. Menurut penelitian, dua jenis aktivitas ini menjadi cara yang asyik untuk mengasah ketajaman otak sekaligus mengusir rasa bosan. Gunanya, agar kelak Anda tak cepat pikun.

Tidur.

Entah Anda menumpang bus feeder transjakarta dari kompleks perumahan tertentu, bus umum, atau kereta api, manfaatkan waktu yang ada untuk memuaskan tidur Anda yang terganggu pagi harinya.

 

 

 

 

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *