destinasi

Mengenal Jenis Bus Pariwisata Berdasarkan Kapasitas Penumpang

Transportasi merupakan tulang punggug perekonomian dan mobilitas penduduk suatu negara. Transportasi masal yang banyak diminati masyarakat Indonesia adalah jenis angkutan bis.

Secara garis besar pembagian jenis angkutan bis dapat dibagi menjadi tiga berdasarkan ukuran kendaraan, Penggunaan, dan kelas/fasilitas bis.

Buat kamu yang ingin menyewa bus pariwisata untuk mengantar perjalanan wisata kamu. Karena jika kamu tidak tau kategori bus, bisa jadi nantinya kamu akan mengalami kendala di jalan.

Berikut beberapa jenis bus berdasarkan kapasitas penumpang

 

  1. Mini Van

 

Mini Van merupakan kendaran yang menggunakan 4 ban yang bisa menampung hingga 20 orang penumpang.

 

  1. Medium Bus

 

Medium Bus merupakan bus kecil atau yang sering kita sebut sebagai bus 3/4. Kapasitas untuk medium bus ini maksimal 35 tempat duduk. Sedangkan untuk konfigurasi atau tatanan kursinya adalah 2-2 yaitu 2 dibaris kanan dan 2 dibaris kiri.

 

  1. Junior Bus

 

Junior Bus merupakan terobosan terbaru saat ini, yaitu sebuah upgrade dari medium bus yang memiliki kapasitas 39 tempat duduk. Namun junior bus bukan berarti bus medium yang ditambah kursinya, akan tetapi body dari junior bus memang lebih panjang dari pada medium bus dan lebih kecil dari pada bus besar. Untuk konfigurasi kursinya adalah 2-2.

 

  1. Big Bus

 

Big Bus atau yang sering kita sebut sebagai Bus Besar memiliki kapasitas maksimal hingga 59 tempat duduk. Namun ada dua jenis konfigurasi kursi pada sebuah bus besar ini. Konfigurasi pertama adalah kursi 3-2 dengan maksimal kursi 59 atau sering disebut sebagai bus kelas ekonomi. Sedangkan konfigurasi kedua adalah kursi 2-2 dengan maksimal kursi 48. Pada konfigurasi kursi 2-2 inilah biasanya bus akan lebih nyaman karena memiliki ruang yang cukup lenggang apalagi jika digunakan untuk perjalanan wisata.

 

Bus besar dengan kapasitas kursi 59 dan 48 memiliki ukuran yang sama, yang membedakan hanyalah konfigurasi tempat duduknya saja. Sedangkan untuk fasilitas bus didalamnya tergantung dengan masing-masing operator bus tersebut.

 

Nah, Anda bisa memilih kapasitas bus sesuai dengan kebutuhan Anda

 

 

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *