Menghabiskan Waktu di Parijs Van Java ala Backpacker

Parijs Van Java (popular dengan sebutan Paris Van Java) pertama kali dipopulerkan oleh orang-orang Belanda. Seorang sejarawan Haryoto Kunto mengkisahkan munculnya julukan itu dari seorang pedagang berdarah Yahudi Belanda bernama Roth. Dalam sebuah buku yang berjudul Wajah Bandoeng Tempo Doeloe karya Haryoto Kunto, tertulis “Untuk mempromosikan dagangannya di pasar malam tahunan Jaarbeurs (sekarang jalan Aceh) pada 1920, Roth mempopulerkan kalimat Parijs Van Java”.

Bagi Roth yang seorang pengusaha took meubel dan interior itu, sebutan Bandung Parijs Van Java sangat penting untuk promosi dagangannya. Karena sudah sejak lama Paris jadi kiblat mode dunia, sehingga embel-embel nama Paris diharapkan dapat mencuri minat orang untuk datang ke pasar malam tahunan di Bandung.

Nah untuk saat ini, nama tersebut masih dipakai dan dikenal oleh banyak orang. Dengan segala kekayaan yang dimiliki oleh Parijs Van Java ini, Bandung memang menjadi salah satu tempat yang layak untuk dijadikan tujuan liburan ala backpacker Anda. Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan agar liburan ala backpacker Anda di Bandung ini dapat berjalan sesuai rencana dan budget dengan tetap mendapatkan kenikmatan dan kenyamanan berlibur Anda.

Perhatikan Barang Bawaan Anda

Salah satu ciri dari liburan ala backpacker adalah dengan membawa pakaian seminimal mungkin untuk mengurangi beban selama perjalanan. Pilih pakaian dan juga alas kaki senyaman mungkin untuk Anda bawa. Tulis juga apa saja yang Anda bawa dan utamakan untuk membawa barang yang memang diperlukan bukan sekedar yang diinginkan.

Jalur Darat Pilihan Terbaik

Menggunakan moda transportasi darat seperti kereta, bus atau mungkin kendaraan pribadi dapat menjadi alternatif pilihan kendaraan yang Anda gunakan menuju Bandung. Jika Anda ingin menggunakan transportasi umum, maka pastikan Anda membeli tiket jauh hari sebelum hari H untuk mendapatkan harga terbaik dari agen yang menawarkan.

Penginapan Tepat Kantong Hemat

Pilihlah tempat penginapan yang sesuai dengan badget Anda, dikarenakan bagi para backpacker penginapan adalah hanya sebagai tempat istirahat dan membersihkan diri, hostel atau homestay dapat menjadi alternatif terbaik untuk ini. Pastikan juga Anda melihat review sebelum Anda memilih tempat tersebut.

Gunakan Sepeda Boseh dan Fasilitas Umum

Bandung memang kota kreatif, salah satunya adalah fasilitas umum yang disediakan oleh pemerintah setempat bagi para warganya. Sepeda Boseh adalah salah satu fasilitas yang dapat Anda sewa dan gunakan selama Anda di Bandung.

Nah bagaimana, sudah tidak sabar kan untuk menjelajahi Bandung? Segera susun rencana perjalanan Anda dan luangkan waktu untuk ekplorasi berlibur ala backpacker ke Bandung. Persiapkan juga badget untuk berlibur di Bandung ya. Dan Anda bisa menghubungi konsultan terbaik dari Ainon Holidays untuk mendapatkan informasi lengkap perjalananmu. Selamat berlibur!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *