Menikmati Alam di Pegunungan

Menikmati Alam di Pegunungan? Siapa Takut!

Menikmati waktu libur di akhir pekan kadang membuat kita bingung dan jenuh dalam memilih tempat wisata lantaran tidak memiliki tempat baru untuk dikunjungi. Pergi ke pusat belanja, tempat wisata atau wisata kuliner menjadi hal yang biasa dan terkadang menambah bete karena tempat tersebut penuh di waktu libur.

Nah bagi Anda yang ingin menikmati suasana libur yang baru, berkesan sambil menikmati wisata alam, tak ada salahnya Anda memilih untuk berlibur dengan mendaki gunung dan berkemah di hutan belantara. Selain dapat memicu adrenalin, keindahan panorama saat di puncak gunung menjadi daya tarik yang tiada dua. Meskipun demikian, banyak pendaki pemula yang menganggap mendaki gunung dan berkemah adalah hal biasa yang tidak memerlukan persiapan khusus, alhasil fisik kelelahan dan tak jarang sepulang dari mendaki kondisi badan drop dan jatuh sakit.

Menikmati Alam di Pegunungan
Menikmati Alam di Pegunungan

Bagi Anda yang ingin menikmati liburan berbeda dengan mendaki gunung, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti berikut:

  1. Lakukan Riset Kecil Lokasi Gunung Yang Akan Didaki

Sebelum kita mendaki dan berkemah, ada baiknya kita melakukan riset kecil tentang lokasi yang akan kita tuju. Mulai dari lokasi gunung tersebut, kondisi cuaca, transportasi menuju gunung tersebut, kondisi gunung dan alam sekitar serta biaya yang akan dikeluarkan. Dengan melakukan riset kecil tersebut, kita dapat memilih gunung mana yang akan kita daki sesuai dengan level yang kita miliki. Bagi Anda seorang pemula, pilihlah lokasi yang memiliki level terendah, seperti lokasi terdekat dari tempat Anda maupun jalur tempuh yang relatif landai.

  1. Persiapkan Fisik Dengan Olahraga Kecil

Mendaki gunung bukanlah perkara mudah seperti halnya berkeliling di pusat perbelanjaan, medan yang tidak dapat diprediksi mewajibkan Anda memiliki fisik yang prima. Oleh karena itu, diperlukan persiapan dengan olahraga kecil setiap pagi, minimal satu minggu sebelum Anda memutuskan untuk mendaki. Olahraga kecil seperti jalan memutar kompleks atau jogging 2-3 kali sehari cukup untuk mempersiapkan fisik Anda.

  1. Ketahui Perlengkapan dan Logistik Mendaki

Poin ini adalah salah satu yang terpenting dalam Anda persiapan mendaki. Gunakan tas carrier, sepatu hiking, jaket ketika Anda mendaki. Bawa juga alat masak portable, jas hujan, senter, peluit, kompas, matras, sleeping bag, dan tenda anti air. Alat masak portable juga alat yang mesti Anda bawa dalam mendaki. Tak lupa bawa makanan kering dan air minum secukupnya.

  1. P3K adalah Kotak Wajib

Selain hal tersebut diatas, mempersiapkan kotak P3K adalah hal yang wajib Anda persiapkan, terlebih bagi Anda yang memiliki penyakit khusus atau alergi khusus, seperti alergi dingin.

  1. Alat Komunikasi Dalam Kondisi Prima

Pastikan Anda memiliki kuota atau pulsa yang cukup dan men charge penuh alat komunikasi Anda sebelum Anda mendaki gunung, persiapkan juga power bank dalam keadaan penuh agar komunikasi Anda lancar dengan keluarga atau kerabat terdekat.

  1. Ingat 3 Prinsip Pendaki

Prinsip yang dipegang teguh oleh para pendaki di seluruh dunia yang perlu Anda tahu dan ikuti : take nothing but picture, leave nothing but footprint and kill nothing but time.

Demikian beberapa tips bagi Anda yang ingin liburan berbeda di alam liar dan menikmati suasana baru, semoga hal ini dapat membantu Anda. Dan bagi Anda yang ingin mengkonsultasikan liburan Anda, Anda dapat konsultasi dengan konsultan terbaik kami di Ainon Holidays. Selamat berlibur!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *