Menikmati Liburan Saat Ramadhan

Bulan suci Ramadhan adalah bulan mulia yang dinanti oleh setiap muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Seharian berpuasa sejak berkumandangnya adzan subuh hingga memasuki waktu magrib. Meskipun berpuasa seharian tidak membuat aktivitas terganggu, termasuk keinginan untuk melancong atau berwisata. Para traveller seperti Anda tetap dapat berlibur dengan nyaman di bulan puasa ini. Ainon punya beberapa tips buat Anda agar kondisi kesehatan tetap fit dan ibadah tetap lancar selama berlibur di bulan Ramadhan.

Menikmati Liburan Saat Ramadhan
Menikmati Liburan Saat Ramadhan
  • Awali dengan nutrisi yang sehat, saat Anda makan sahur konsumsilah makanan yang memiliki nutrisi dan gizi yang tinggi. Dengan asupan yang yang bergizi berfungsi untuk sumber energi selama berlibur saat berpuasa. Selain itu konsumsi juga vitamin untuk menjaga kondisi dan stamina tubuh. Dan konsumsilah air putih minimal 8 gelas.
  • Pertimbangan destinasi yang akan dituju, usahakan hindari tempat yang terlalu terbuka dan langsung terkena sengatan matahari, atau Anda dapat mencari lokasi yang cenderung sejuk seperti Batu Malang atau Bandung. Dengan lokasi yang cenderung panas dan langsung terkena sengatan matahari langsung cenderung dapat membuat kondisi tubuh Anda drop dikarenakan Anda tidak mengkonsumsi air putih selama perjalanan.
  • Hindari lokasi atau aktifitas eksterm yang juga menguras tenaga ekstra. Karena Anda dalam kondisi berpuasa, maka pastikan aktifitas Anda tidak menghabiskan energi dan melelahkan fisik. Dengan aktifitas yang ekstra dapat membuat cairan dalam tubuh Anda berkurang dan berdampak menurunnya kondisi tubuh Anda.
  • Bawalah peralatan ibadah selama perjalanan. Jangan sampai perjalanan wisata Anda membuat rangkaian ibadah Anda berkurang atau bahkan tertinggal. Anda dapat membawa mukena, sajadah dan Al Qur’an ukuran saku sehingga Anda tetap dapat beribadah selama perjalanan.
  • Bawalah air mineral dan kurma sebagai menu buka puasa Anda selama perjalanan. Menyegerakan berbuka adalah salah satu sunnah dalam berpuasa, dengan membawa menu buka puasa ini Anda dapat menyegerakan berbuka ketika waktunya telah tiba sementara Anda masih dalam perjalanan atau menuju tempat buka puasa yang Anda pilih.

Beberapa tips diatas dapat Anda gunakan saat Anda memilih berwisata selama bulan Ramadhan ini. Wisata tetap jalan dan Anda tetap dapat menjalankan ibadah puasa Anda dengan lancar. Nah bagi Anda yang ingin membuat perencanaan liburan saat bulan Ramadhan ini, Anda dapat menghubungi Ainon Holidays dan berbicara dengan konsultan terbaik dari Ainon Holidays. Selamat menjalankan ibadah puasa dan selamat berlibur!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *