Menjadi Penjelajah Laut

Menjadi penjelajah laut! Menikmati keindahan biota laut, merasakan hangatnya air laut ketika disinari teriknya matahari hingga tak terasa kulit berubah warna menjadi coklat saat berada di daratan, adalah beberapa nikmat yang akan Anda dapatkan dan rasakan ketika Anda melakukan aktifitas snorkelling. Ya, snorkelling, sebuah aktifitas menyelam atau berenang menggunakan peralatan masker selam dan snorkel di permukaan atau juga dikenal dengan nama selam dangkal/selam permukaan.

Yang menarik dari kegiatan snorkelling ini adalah dapat dilakukan bagi siapa saja! Bahkan bagi Anda yang tidak dapat berenang sekalipun. Karena Anda dapat menggunakan baju pelampung saat Anda melakukan snorkelling. Terlebih di Indonesia ini banyak sekali spot indah yang dapat Anda jelajahi dan nikmati keindahan lautnya dengan snorkelling. Maka dari itu, sayang banget buat kita orang Indonesia ini kalua belum pernah menikmati salah satu ciptaan indah dari Tuhan di bumi Indonesia ini.

Lalu apa saja sih yang perlu diperhatikan bagi pemula yang ingin snorkelling? Jangan khawatir, ainon tahu banget yang Anda butuhkan, seperti tips berikut yang dapat Anda gunakan sebagai referensi sebelum Anda melakukan snorkelling, yuk simak tipsnya.

  1. Make A Tiny Research

Seperti biasanya, lakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu sebelum kamu ingin snorkelling. Riset tempat yang menjadi tujuan kamu, bagaimana situasi dan kondisi cuaca serta ombak di tempat tersebut, biaya yang akan dikeluarkan, tim yang akan kamu ajak snorkelling serta peralatan yang akan kamu gunakan, selengkapnya di poin berikutnya.

  1. Cek dan Pelajari Peralatan dan Cara Pemakaiannya

Bagi seorang pemula, mencari tahu peralatan apa saja yang akan digunakan dan bagaimana menggunakannya adalah poin penting sebelum kamu snorkelling. Pastikan peralatan yang akan digunakan dalam kondisi baik, tidak ada yang bocor (snorkel) dan lentur (untuk kaki katak). Bagi Anda yang berambut panjang, kuncir rambut Anda saat snorkelling. Bagi yang berhijab, usahakan menggunakan baju selam dengan penutup agar hijab Anda tidak mengganggu pemandangan.

  1. Make A Group

Alat yang digunakan dalam snorkelling adalah alat yang sederhana, jadi usahakan selalu dekat dengan teman-teman snorkelling Anda. Terkadang kita lupa dan menjauh dengan sendirinya karena terlalu menikmati aktifitas snorkelling Anda.

  1. Berlatih Bernafas

Dengan menggunakan snorkel, karena bagi Anda yang pemula, alat ini asing bagi Anda. Latihan ini dapat membiasakan Anda bernafas dengan baik menggunakan snorkel.

  1. Don’t Panic!

Kondisi setenang apapun akan berubah menjadi bencana saat kita panik. Jadi, usahakan tetap tenang, misal saat snorkelling, masker Anda kemasukan air, yang hal ini bisa terjadi karena masker Anda terpasang tidak pas saat memasuki perairan yang lebih dalam.  Ingat, jangan panik, Anda dapat melakukan teknik clearing, Anda dapat membersihkan air yang masuk tanpa harus melepas masker dan snorkel. Caranya adalah, tarik nafas dalam-dalam melalui mulut, lalu hembuskan kuat-kuat dengan hidung sampai udara bercampur air keluar dari masker. Eits, Anda jangan lakukan teknik clearing ini saat di bawah permukaan air ya, angkat wajah dari permukaan air dan tetap gerakkan kaki agar tetap terapung (tidak perlu khawatir karena Anda menggunakan life vest)

Lalu tunggu apalagi, nikmati keseruan dan keindahan dari biota laut yang dimiliki bumi Indonesia ini! Segera tanyakan segala keperluan snorkelling atau liburan kamu ke Ainon Holidays, konsultan terbaik kami akan membantu rencana liburan terbaik Anda.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *