Museum Bank Indonesia

Museum Terbaik di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Museum Terbaik di Jakarta yang Wajib Dikunjungi – Musim liburan telah usai, dan saat ini masanya sekolah sudah dimulai. Mungkin awal-awal masuk sekolah, anak-anak akan beradaptasi lagi dengan sekolah dan belajar. Apalagi ketika liburan, anak dibiasakan dengan bermain dan bermain terus tanpa belajar. Hal ini terkadang yang membuat sang guru pusing ingin memulai lagi. Padahal sebenarnya masih ada cara atau jalan yang bisa dilakukan untuk membiasakan anak atau murid untuk belajar lagi. Salah satunya adalah membuat belajar itu adalah kesenangan. Sama halnya belajar sambil bermain. Ketika murid merasa senang dalam bermain, cobalah untuk mengajak mereka belajar sambil bermain.

Mengunjungi tempat wisata pasti akan membuat murid-murid menjadi senang dan riang. Berwisata sambil belajar merupakan salah satu solusi mengembalikan mood anak untuk belajar. Salah satu solusi bermain sambil belajar adalah dengan mengunjungi museum. Berkunjung ke museum merupakan salah satu cara untuk mengajak murid-murid bermain yang tanpa disadari mereka pun juga belajar mengenai sejarah dan lain sebagainya. Berikut ini terdapat beberapa museum terbaik di Jakarta yang wajib kamu kunjungi untuk menginspirasi metode belajar tersebut.

Museum Terbaik di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Museum Nasional

Museum Nasional Jakarta / Museum Gajah
Museum Nasional Jakarta / Museum Gajah

Museum Nasional Jakarta ini dahulunya memiliki nama Museum Gajah. Hal ini dikarenakan adanya patung gajah yang berada di depan gedung yang menjadi ikon dari museum ini. Di dalam museum ini kamu bisa belajar mengenai berbagai prasasti dan arca-arca peninggalan kerajaan yang ada di Indonesia pada masa lalu yang hingga saat ini masih terjaga. Selain itu, kamu juga bisa belajar mengenai berbagai kerajinan  dan kebudayaan pada masa lalu yang terdapat di dalamnya. Salah satu solusi wisata sejarah murah di Indonesia adalah dengan mengunjungi Museum Nasional Jakarta. Baca juga : Tempat Wisata Hits di Jakarta

Untuk masuknya, kamu perlu perogoh kocek sekitar Rp 5.000 (dewasa) dan Rp 2.000 (anak-anak). Selain itu bagi kamu yang membawa rombongan minimal 20 orang, kamu cukup membayar tiap orangnya Rp 3.000 (dewasa) dan Rp 1.000 (TK – SMA). Cukup murah meriah khan?

Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia
Museum Bank Indonesia

Bagi kamu yang ingin mengajak anak atau muridnya belajar mengenai mata uang Indonesia dan berbagai perekonomian yang pernah ada di negara ini, museum Bank Indonesia merupakan solusinya. Museum ini merupakan pilihan terbaik untuk dikunjungi, karena di dalamnya terdapat diorama-diorama mengenai metode perbankan pada masa lalu. Kamu pun bisa melihat cerita mengenai perekonomian Indonesia ketika terjadi krisis moneter pada tahun 1998.

Untuk bisa melihat berbagai peninggalan perbankan pada masa lampau, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Cukup dengan Rp 5.000 kamu bisa mengajak murid-murid belajar mengenai perekonomian negeri ini pada jaman dulu yang erat kaitannya dengan perekonomian masa kini.

Museum Fatahillah

Museum Fatahillah Jakarta
Museum Fatahillah Jakarta

Museum yang satu ini berlokasi dekat dengan Museum Bank Indonesia. Yaitu berada di kawasan kota tua Jakarta. Museum Fatahillah ini dahulunya merupakan bekas kantor Gubernur Batavia. Di dalam museum ini kamu bisa melihat berbagai peninggalan sejarah kependudukan Belanda di Batavia. Termasuk kamu bisa melihat penjara bawah tanah yang ada di bawah gedung museum ini. Pastinya hal ini akan membuatmu belajar tentang Jakarta pada waktu itu.

Untuk bisa masuk melihat berbagai sejarah di dalamnya, kamu cukup membayar Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak. Biaya yang murah untuk bisa bermain sambil belajar mengenai sejarah Indonesia di dalam Museum Fatahillah ini. Baca juga : Jalan-Jalan di KOta Tua Jakarta

Demikianlah beberapa museum terbaik di Jakarta yang harus kamu kunjungi di awal tahun ini. Jadikan awal tahun ini sebagai awal perbaikan segala hal yang telah terjadi. Termasuk nilai sekolah ya pastinya. Semoga dengan mengunjungi tempat wisata museum ini, semua murid jadi senang dan tanpa disadari mereka belajar dengan senang dan bahagia. Jangan lupa gunakan Ainon Holidays yang siap memberikan pelayanan transportasi menuju tempat wisata yang kamu inginkan. Untuk reservasi dan cek ketersediaan, kamu bisa hubungi kami dengan cara klik disini segera.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *