masjid agung banten

Napak Tilas Sejarah di Banten, Yuk Simak Ini

Napak Tilas Sejarah di Banten, Yuk Simak Ini – Sebagai salah satu tempat tujuan wisata di sekitaran Jakarta adalah Banten. Banten memiliki banyak tempat wisata yang seru dan menyenangkan. Pastinya daerah ini merupakan salah satu tujuan wisata favorit pilihan warga Jakarta. Sebenarnya wisatawan yang datang ke Banten tidak hanya wisatawan dari Jakarta dan Banten sendiri. Ada juga dari daerah lain yang memang sudah mengetahui berbagai tempat wisata yang ada di sana dan cocok untuk dikunjungi.

Bagi kamu yang suka dengan kegiatan napak tilas, melihat dan merasakan sejarah masa silam, kamu cocok datang ke Banten. Karena di daerah ini memang terdapat beberapa tempat yang menjadi saksi sejarah bangsa Indonesia. Mau tau mana saja? Yuk simak lanjutannya.

Napak Tilas Sejarah di Banten

Gedung Juang 45

gedung juang 45 banten
gedung juang 45 banten

Jika kita berbicara mengenai perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan kemerdekaan Indonesia. Banten merupakan salah satu daerah yang menjadi tempat yang penting bagi para penjajah pada waktu itu dalam melancarkan serangan-serangan ke titik vital bangsa Indonesia. Hal ini dikarenakan letaknya yang tidak jauh dari pusat pemerintahan sehingga dijadikan lokasi markas penjajah. Hal ini dibuktikan pada tanggal 10 Oktober 1945 dengan peristiwa perebutan markas Kempetai yang lokasinya berada di sebelah barat Alun-Alun Serang.

Markas tersebut akhirnya dijadikan markas pusat Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada waktu itu. Dan saat ini markas tersebut menjadi Gedung Juang 45.

Benteng Speelwijk

Benteng Speelwijk Banten
Benteng Speelwijk Banten

Benteng ini berada di daerah kampung Pamarican yang merupakan salah satu benteng yang terkenal di daerah Banten. Salah satu keunikan dari benteng ini adalah arsitekturnya. Dimana benteng ini dibangun oleh arsitek pilihan Sultan Ageng Tirtayasa. Arsitek tersebut merupakan seorang keturunan Tionghoa yang kemudian diberi gelar Pangeran Cakradana.

Pembangunan Benteng ini bertujuan untuk menghalau penjajah yang ingin masuk ke Banten melalui wilayah laut. Maka tidak heran bahwa Banten merupakan salah satu wilayah yang sulit dikuasai oleh penjajah pada waktu itu.

Masjid Agung Banten

masjid agung banten
masjid agung banten
Benteng Speelwijk Banten
Benteng Speelwijk Banten
gedung juang 45 banten
gedung juang 45 banten

Selain sebagai salah satu tujuan wisata religi, masjid Agung Banten ini juga memiliki kisah sejarahnya. Banyak nilai sejarah yang terkandung pada masjid ini. Dimana salah satunya adalah masjid ini dibangun pada tahun 1556 oleh Sultan Maulana Hasanudin yang merupakan Sultan pertama dari kesultanan Banten. Beliau adalah putera dari Sunan Gunung Jati.

Bangunan dari masjid ini tergolong unik dan menarik. Diantaranya adalah beberapa bagian dari masjid ini berasal dari percampuran beberapa budaya arsitektur yang dikemas menjadi satu bangunan.

Demikianlah beberapa tempat wisata napak tilas sejarah di Banten. Bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan bersama teman-teman atau rombongan lainnya, kamu bisa menghubungi tim Ainon Holidays yang siap membantu kamu dalam memberikan kelancaran dan kenyamanan dalam perjalanan wisata kamu hingga kembali ke tempat semula.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *