4 Hidden di Gems Bandung yang Cocok untuk Healing

Bandung, sebagai ibu kota dari Jawa Barat, selalu menggoda dengan pesona destinasinya. Di antara tempat-tempat wisata yang sudah terkenal, ada beberapa destinasi hidden gems Bandung menjadi buruan wisatawan yang menawarkan pengalaman luar biasa untuk dijelajahi.

Meskipun banyak wisatawan berkerumun di tempat-tempat populer, terdapat juga tempat-tempat tersembunyi di Bandung yang menarik untuk dijelajahi.

Tempat-tempat yang kurang dikenal ini menawarkan pengalaman unik dan autentik, jauh dari keramaian biasa. Mulai dari wisata alam tersembunyi yang terletak di wilayah terpencil yang memiliki keindahan alam yang memukau.

Dalam artikel ini, kita akan mengungkap beberapa hidden gem Bandung yang masih sepi dan sangat menarik untuk dikunjungi.

Rekomendasi Hidden Gem Bandung untuk Healing

Loncat ke

Mulai dari wisata alam hingga museum yang unik dan autentik, berikut rekomendasi hidden gem Bandung yang wajib Anda kunjungi!

 

1. Situ Cileunca

Situ Cileunca berlokasi di Desa Wanasari Pangalengan. Tempat wisata Pangalengan yang satu ini menghadirkan panorama danau buatan yang memukau.

Danau seluas 1.440 hektar ini menjadi tempat favorit para wisatawan karena spotnya yang Instagrammable. Harga tiket masuknya juga sangat terjangkau, mulai dari Rp3.000,- per orang.

 

2. Situ Patenggang

Situ Patenggang bisa menjadi salah satu destinasi hidden gem Bandung yang bisa Anda kunjungi.

Selain menawarkan pemandangan yang asri dan menakjubkan, udara sejuknya pun dapat menghilangkan rasa penat yang dirasakan. Hal ini karena Situ Patenggang berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut, sehingga udaranya juga masih sangat segar.

 

3. Selasar Sunaryo Art Space

Selasar Sunaryo Art Space (SSAS) merupakan sebuah ruang seni dan organisasi non-profit yang berdedikasi untuk mendukung perkembangan seni dan budaya di Indonesia.

Sebagai sebuah pusat kebudayaan, SSAS mengadakan berbagai kegiatan yang melibatkan berbagai disiplin seni, termasuk desain, kriya, seni pertunjukan, sastra, arsitektur, dan lain-lain.

 

4. Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut adalah sebuah danau yang memiliki keindahan air yang sangat jernih. Air di danau ini memiliki warna biru kehijauan yang memukau dan memberikan kesan yang menyegarkan.

Berlokasi di Rajamandala Kulon (Cipatat), di sekitar danau terdapat tebing yang menambah keunikan tempat ini, menjadikannya sebagai hidden gem terbaik di Bandung.

So, itulah beberapa hidden gems di Bandung yang cocok untuk healing. Kebanyakan tempat wisata tersebut berada jauh dari pusat kota Bandung. Oleh karena itu untuk Anda wisatawan dari Jabodetabek, yuk liburannya pakai Bus Ainon Holidays agar perjalanan liburan Anda jadi lebih aman dan nyaman!

Ainon Holidays menyediakan berbagai kendaraan untuk pariwisata yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, mulai dari Luxury Bus, Big Bus, Medium Bus, Van, sampai dengan Premium Car.

Untuk informasi lebih lengkap dan reservasi kendaraan, silahkan klik disini!

Big Bus 30 Seats Leg Rest & Toilet by AInon Holidays

Bus pariwisata yang satu berjenis big bus dengan kapasitas 30 seats yang dilengkapi dengan fasilitas unggulan berupa leg rest serta toilet menjadikan bus ini salah satu bus dari Ainon Holidays yang banyak diperebutkan oleh customer kami. Dengan adanya 2 fasilitas unggulan tersebut membuat perjalanan wisata anda menjadi lebih nyaman dan aman.

Bus ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berlibur ke luar kota dengan nyaman dan aman serta memiliki rombongan maksimal 30 orang.

 

Kapasitas Tempat Duduk Big Bus 30 Seats

Big bus pariwisata tipe ini memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 30 seats, dengan formasi tempat duduk 2 seat di sisi kiri, 2 seat di sisi kanan (2-2).

 

Fasilitas Big Bus Pariwisata

Berikut fasilitas keseluruhan yang terdapat pada bus pariwisata Kami :

  • 30 seat + Legrest, formasi tempat duduk (2-2).
  • Reclining Seat
  • Toilet
  • Air Conditioner
  • LCD TV – DVD – Stop Kontak – Microphone untuk karaoke
  • Bantal, Selimut (opsional)
  • Bagasi Luas

 

Klik disini untuk melakukan reservasi bus dan dapatkan harga spesial khusus untuk Anda!

Sewa Alphard di Jakarta: Nyaman dan mewah untuk bisnis maupun pernikahan

Jakarta adalah salah satu kota bisnis tersebsar di Indonesia juga salah satu kota pariwisata favorit di Indonesia yang menawarkan berbagai pesonanya.

Jika Anda ingin berkunjung ke Jakarta dengan nyaman dan mewah, kamu bisa mempertimbangkan untuk menyewa mobil Alphard di Jakarta. Alphard adalah mobil MPV premium yang memiliki desain elegan, kabin luas, dan fitur canggih.

Dengan menyewa mobil Alphard di Ainon Holidays, Anda bisa menikmati perjalanan kamu dengan keluarga atau teman-teman tanpa khawatir tentang capek karena macet dan sulit parkir, karena kami tidak hanya menyediakan kendaraan saja melainkan kami juga menyediakan driver yang profesional dan berpengalaman di bidangnya. Mobil ini juga sangat cocok menjadi alat transportasi untuk kepentingan bisnis hingga pernikahan.

 

Harga Sewa Alphard di Ainon Holidays

Biaya sewa mobil Alphard di Ainon Holidays bervariasi tergantung pada trip atau paket penyewaan. Harga sewa mobil Alphard di Ainon Holidays mulai dari Rp. 2.000.000 all in (belum termasuk tipping crew). Untuk informasi lebih lengkap seputar harga sewa silahkan klik disini.

 

Cara Menyewa Alphard di Ainon Holidays

Cara sewa mobil di Ainon Holidays adalah dengan menghubungi operator sewa mobil melalui WhatsApp di nomor 0819 3815 9888. Setelah itu, mereka akan memastikan ketersediaan mobil sesuai tanggal yang kamu inginkan.

Alasan Sewa Alphard di Ainon Holidays

Ada beberapa alasan mengapa kamu sebaiknya menyewa mobil Alphard di Ainon Holidays, antara lain:

  • Kenyamanan. Mobil Alphard memiliki kabin yang luas dan nyaman untuk 6-7 orang penumpang. Kursi-kursinya bisa direbahkan dan disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan AC, audio, DVD player, USB port, dan lain-lain yang bisa membuat perjalanan kamu lebih menyenangkan.
  • Keamanan. Mobil Alphard memiliki sistem keamanan yang canggih dan lengkap, seperti ABS, EBD, BA, VSC, TRC, airbag, immobilizer, alarm, dan lain-lain. Kamu bisa merasa aman dan tenang saat berkendara dengan mobil ini.
  • Kewibawaan. Mobil Alphard memiliki desain yang elegan dan mewah yang bisa menunjukkan kelas dan gaya kamu. Mobil ini cocok untuk kamu yang ingin tampil eksklusif dan profesional saat berlibur atau berbisnis di Jakarta.
  • Fleksibilitas. Dengan menyewa mobil Alphard di Jakarta, kamu bisa bebas menentukan tujuan wisata kamu sesuai dengan kesepakatan dengan pihak operator. Selain itu Anda juga bisa menghemat waktu dan biaya karena tidak perlu berganti-ganti transportasi.

Sewa mobil Alphard di Ainon Holidays adalah salah satu pilihan yang bisa membuat kebutuhan transportasi Anda lebih nyaman dan mewah. Alphard sangat cocok untuk digunakan sebagai keperluan perjalanan bisnis hingga pernikahan. Jadi, tunggu apa lagi? Segera pesan mobil Alphard di Ainon Holidays dan nikmati liburan Anda!

Jangan lupa follow media sosial Ainon Holidays di instagram @ainonholidays, untuk mendapatkan informasi promo dan penawaran menarik dari kami.

Klik disini untuk melakukan Reservasi Bus Pariwisata Ainon Holidays via whatsapp.

Wisata Muntilan, Jelajah Kota M di Serial Netflix Gadis Kretek

Sobat Ainon Holidays apakah ada yang sudah selesai nonton Serial Gadis Kretek yang dibintangi Dian Sastro di Netflix? Diangkat dari novel dengan judul sama, romansa antara Dasiyah dan Soeraja mengambil latar Kota M. Berbeda dengan kota lain yang disebut secara utuh, keberadaan Kota M masih meninggalkan misteri bahkan hingga akhir serial.

Ratih Kumala, penulis novel Gadis Kretek dalam sebuah kesempatan dengan gamblang menyatakan bahwa Kota M yang dimaksud adalah Muntilan. Desa yang secara administratif masuk dalam Kabupaten Magelang ini, merupakan tempat si penulis menghabiskan masa kecilnya, bahkan telah menaruh beberapa clue di dalam novelnya.

Sobat Ainon Holidays ingin tahu lebih jauh tentang Kota M alias Muntilan yang lagi viral ini? Berikut beberapa informasi dan destinasi wisata yang menarik buat dikunjungi. Menjelajah keindahan pesona kampung halaman Jeng Yah di serial yang trending beberapa waktu terakhir.

5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Muntilan 

Loncat ke

Lokasinya di antara Jogja dan Magelang

Lokasi Muntilan sangat strategis, berada di antara Yogyakarta dan Magelang. Hanya berjarak 33 km arah utara Kota Yogyakarta dan sekitar 16 Km arah selatan dari pusat keramaian di Magelang. Sobat Ainon Holidays yang akan berwisata menuju Candi Borobudur dari Yogyakarta biasanya akan melewati wilayah Muntilan.

 

Toko Legendaris Nyonya Pang

Kalau sobat Ainon Holidays membaca Novel Gadis Kretek, Wajik Nyonya Pang dan Nyonya Week terpampang nyata di halaman 241 dan semakin menguatkan bahwa kota M adalah Muntilan. Toko itu telah ada sejak tahun 1912 dan konsisten menjual kudapan hingga jajanan pasar.

Beberapa produk andalannya kue mangkok, moho dan miku serta wajik yang telah tersohor. Moho dan Miku merupakan kue khas semacam bakpao dengan isi kacang hijau tanpa isi, namun dibuat mekar.

Di sini Sobat Ainon Holidays juga bisa mendapatkan oleh-oleh lain seperti bakpia, aneka kripik dan pastinya tape ketan khas Muntilan yang namanya juga muncul dalam novel.

 

Mendalami sejarah di Candi Ngawen

Candi Buddha ini memiliki ukuran tak terlalu besar, bahkan cenderung kecil dan minimalis. Lokasinya hanya 10 menit berkendara dari Toko Nyonya Pang atau tepatnya di Desa Ngawen. Sobat Ainon Holidays bisa mengikuti panduan dari peta digital maupun bertanya pada warga lokal.

Candi Ngawen pertama kali ditemukan di tahun 1927 dan disinyalir juga dibangun oleh Dinasti Syailendra. Diperkirakan kompleks Candi Ngawen memiliki lima buah candi namun baru candi kedua yang telah dipugar dan bisa dikunjungi.

Anda bisa mengunjungi Candi Ngawen secara gratis karena tidak ada tarif tiket masuk untuk berkunjung kesini, tapi tidak ada salahnya menyiapkan sejumlah dana untuk ikut berdonasi pada pengelolaan candi.

Alternatif Wisata Kuliner

Muntilan menyimpan beragam kuliner yang bisa Sobat Ainon Holidays eksplor. Sebagai rekomendasi, cobalah untuk mencari ‘Blendrang’ yang berupa Bubur berbahan tepung gandum dan disajikan dengan tulang ayam atau kambing. Tidak sulit untuk menemukan sajian ini. Ada beberapa kios Blendrang yang bisa disinggahi namun yang cukup terkenal berada di Dusun Bintaro, Desa Gunungpring.

Kalau udah masuk ke kawasan Magelang tentu sobat Ainon Holidays tidak boleh kelewatan mencicipi kupat tahu Magelang. Seperti namanya, makanan ini terdiri dari potongan ketupat dan tahu yang disajikan bersama toge dan bumbu khas dengan rasa gurih manis.

Sajian lain yang layak masuk dalam daftar adalah Mangut Beong. Ikan beong sendiri mirip dengan ikan lele namun sedikit lebih besar. Mangut sendiri merupakan jenis masakan berkuah yang kerap ditemui di Jawa Tengah dan Jawa Timur, mirip gulai namun lebih encer.

 

Dekat dengan Candi Borobudur

Kawasan Candi Borobudur hanya berjarak kurang dari 15 km atau sekitar 30 menit berkendara dari pusat keramaian Muntilan. Jadi, buat sobat Ainon Holidays yang mau mengunjungi Muntilan juga akan mudah mengakses candi terbesar tersebut dan berbagai destinasi wisata terdekat lainnya.

Seperti Punthuk Setumbu, Bukit Doa Rhema atau yang dikenal dengan Gereja Ayam, Candi Mendut hingga Candi Selogriyo. Ada juga Svarga Bumi Borobudur, pusat rekreasi yang sedang hits dan memiliki tempat yang estetik. Lokasi yang cocok untuk santai sore bareng kolega maupun keluarga.

Gimana, jadi makin penasaran dengan pesona Kota M? Tidak ada salahnya untuk langsung menyambangi Muntilan menggunakan Bus Pariwisata Ainon Holidays!

Jangan lupa follow media sosial Ainon Holidays di instagram @ainonholidays, untuk mendapatkan informasi promo dan penawaran menarik dari kami.

Klik disini untuk melakukan Reservasi Bus Pariwisata Ainon Holidays via whatsapp.

Sewa Bus Pariwisata Luxury – Medium Bus 20 Seats Signature Class by Ainon Holidays

Saat ini kebutuhan akan bus pariwisata sangatlah bermacam-macam mulai dari tipe standard atau business class sampai dengan Bus Pariwisata tipe Luxury yang memiliki fasilitas mewah. Bagi anda yang ingin melakukan perjalanan wisata dengan fasilitas yang mewah dan sensasi yang baru, wajib mencoba Bus Pariwisata Luxury – Medium Bus 20 Seats Signature Class by Ainon Holidays.

Ainon Holidays adalah salah satu PO di Jakarta yang menyediakan armada Luxury Bus. Bus Pariwisata Luxury dari Ainon Holidays hadir dengan keunggulan fasilitasnya dan layanan crew yang ramah, profesional dan handal di bidang pariwisata.

Berikut ini kami rincikan fasilitas yang tersedia di Bus Pariwisata Luxury – Medium Bus 20 Seats Signature Class by Ainon Holidays :

  • Kapasitas 20 Seats
  • Konfigurasi 1-2
  • Reclining seats
  • Leg Rest
  • Armrest
  • 2 Massage Seats
  • TV (support android)
  • Karaoke system
  • Port USB charger
  • Lampu baca
  • Dispenser
  • Toilet
  • Smoking area

Demikian beberapa fasilitas yang terdapat di Bus Pariwisata Luxury – Medium Bus 20 Seats Signature Class by Ainon Holidays, kami menjamin anda sebagai customer akan terpuaskan dengan armadanya yang exclusive yang membuat perjalanan wisata semakin berkesan. Bus Pariwisata Luxury – Medium Bus 20 Seats Signature Class by Ainon Holidays sangat cocok untuk keperluan berikut :

  • Perjalanan bisnis
  • Transfer airport
  • Peluncuran produk
  • Acara pemasaran
  • Perjalanan liburan keluarga
  • Mudik
  • City tour

Kami Ainon Holidays sebagai PO bus pariwisata terbaik dan berkualitas di Jakarta juga menyediakan Bus Pariwisata Luxury untuk perjalanan wisata Anda. Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut tentang Bus Pariwisata Luxury – Medium Bus 20 Seats Signature Class by Ainon Holidays, kami siap bermitra dengan Anda untuk memberikan pelayanan transportasi pariwisata terlengkap untuk berbagai kebutuhan anda.

Kami akan selalu menawarkan armada Bus Pariwisata terbaik dan recomended, karena kami tahu apa yang harus kami berikan untuk anda, yaitu melayani dengan hati, tulus, jujur, amanah, barokah dan ibadah demi mendapatkan harga terbaik dan pelayanan terbaik. Tentunya pilihan armada bus pariwisata menyesuaikan budget dan kebutuhan Anda.