Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Pasca Pandemi Covid-19

Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Pasca Pandemi Covid-19

Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Pasca Pandemi Covid-19 – Selama masa pandemi covid-19 ini pemerintah memberikan arahan untuk setiap warga negara #dirumahaja sehingga virus corona bisa di hentikan penyebarannya dan tidak ada lagi korban berjatuhan akibat virus tersebut. Sejatinya pasien yang sudah terinfeksi virus corona bisa disembuhkan dan jumlah pasien sembuh semakin hari semakin meningkat. Yang perlu dikhawatirkan dari virus tersebut adalah penyebarannya yang cepat dan masif. Yang menjadi masalah saat ini adalah ketika orang yang terinfeksi virus corona adalah yang memiliki penyakit bawaan atau penyerta. Seperti penyakit diabetes, jantung, asma, sesak nafas, dan lain sebagainya.

Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Pasca Pandemi Covid-19
Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Pasca Pandemi Covid-19

Banyak orang yang sudah merasakan penat dan stress ketika berada di rumah terus karena mengikuti anjuran pemerintah untuk #dirumahaja dan kebijakan lainnya seperti WFH (Working From Home), SFH (School From Home) dan lain sebagainya. Hal tersebut bisa diatasi dengan melakukan aktifitas lainnya di rumah. Seperti bermain, bercocok tanam, dan lain sebagainya. Dan pastinya berharap wabah ini segera usai. Dan masyarakat sedikit bersabar untuk melakukan perjalanan wisata selama wabah virus corona ini masih ada. Nah, setelah wabah virus corona ini usai tempat wisata mana saja yang ingin kamu kunjungi? Berikut beberapa tempat wisata yang kami rekomendasikan khusus untuk kamu.

Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Pasca Pandemi Covid-19

Candi Borobudur

Salah satu ikon dari salah satu daerah di Jawa Tengah adalah Candi Borobudur. Candi ini berada di daerah Magelang yang lokasinya berada 40 kilometer sebelah barat laut kota Jogja. Candi ini merupakan peninggalan kerajaan Buddha pada masa lalu. Selain menjadi salah satu bangunan peninggalan kerajaan Buddha, candi ini juga masuk menjadi salah satu dari tujuh warisan dunia yang perlu dirawat dan dilestarikan. Di kompleks candi ini terdapat sekitar 1.460 macam relief dan 504 buah stupa yang hingga saat ini masih terjaga kualitas dan bentuknya. Walaupun umurnya sudah tua, tetapi beberapa bangunan tersebut masih terjaga bentuknya.

Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok Klaten merupakan salah satu tempat wisata berupa kolam renang atau pemandian yang berada di daerah Klaten. Umbul Ponggok merupakan kolam renang raksasa yang memiliki konsep seperti lautan. Hal tersebut pun dilengkapi dengan ikan, batu karang, dan segala pernak-perniknya. Selain bermain air, kamu pun bisa juga melakukan penyelaman hingga ke dasarnya dan kamu bisa menikmati keindahan alam bawah airnya. Bagi kamu yang sudah bosan melakukan foto di darat, di tempat ini kamu juga bisa melakukan foto selfie di dalam air. Pastinya akan membuat suatu yang keren dan indah serta unik. Tempat wisata ini tergolong tempat wisata yang baru dan banyaknya wisatawan yang datang dan penasaran menjadikan salah satu daya tarik tersendiri. Selain itu, foto-foto yang di bagikan di sosial media menjadikan orang lain pun menjadi penasaran untuk berkunjung ke tempat ini.

Dataran Tinggi Dieng

Salah satu tempat wisata yang terkenal di daerah Jawa Tengah adalah Dataran Tinggi Dieng. Dataran Tinggi Dieng atau Dieng Plateau berada di kabupaten Wonosobo. Lokasinya berada di ketinggian 2.000 meter diatas permukaan laut sehingga kamu akan merasakan kesejukan dan kesegaran ketika berada di tempat wisata ini. Jarak dari Wonosobo sekitar 30 kilometer ini tidak menyurutkan para wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata tersebut. Selain kamu bisa menikmati udaranya yang sejuk, kamu juga bisa melihat keindahan alam sekitar yang pastinya akan membuat kamu takjub.

Demikianlah beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi pasca pandemi covid-19 ini berakhir. Sampai kapan wabah virus ini ada? Belum ada yang bisa memastikannya. Yuk mari berdoa bersama dan ikuti anjuran pemerintah untuk tetap berada di rumah. Dan jangan lupa ketika wabah ini usai, kamu bisa jalan-jalan kembali bersama Ainon Holidays.

Mau Liburan Kemanakah Kamu Setelah Wabah Covid-19 ini Usai

Mau Liburan Kemanakah Kamu Setelah Wabah Covid-19 ini Usai?

Mau Liburan Kemanakah Kamu Setelah Wabah Covid-19 ini Usai? – Banyak prediksi yang muncul mengenai kapan wabah covid-19 (virus corona) ini usai. Walaupun sebenarnya hal tersebut belum bisa dibuktikan kebenarannya. Suatu prediksi memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena akan banyak faktor yang terlibat untuk menjadikan sebuah prediksi tersebut menjadi benar terjadi. Kasus wabah virus corona ini sebenarnya tidak hanya menyelimuti negara Indonesia saja, melainkan sudah menjadi masalah bersama antar bangsa. Dimana sudah banyak negara yang warganya terpapar virus tersebut. Baik dari perjalanan luar negeri ataupun terpapar dari orang-orang yang ditemuinya di negara masing-masing.

Masalah pandemi virus ini harus segera diselesaikan. Hal ini perlu peran semua pihak, tidak hanya negara saja, melainkan juga seluruh warga negara ikut andil dalam menyelesaikan masalah tersebut. Baik dengan anjuran yang telah di tetapkan pemerintah ataupun dari bidang kesehatan yang telah memberikan himbauan. Hal ini semata-mata supaya semuanya bisa kembali normal secepatnya. Dan kamu bisa kembali lagi kepada aktifitas normalmu seperti sedia kala.

Mau Liburan Kemanakah Kamu Setelah Wabah Covid-19 ini Usai
Mau Liburan Kemanakah Kamu Setelah Wabah Covid-19 ini Usai

Wabah virus ini pastilah akan membuat setiap orang merasa jenuh dan tidak sedikit yang merasa stress. Sehingga harapannya ketika wabah virus ini usai, ingin rasanya untuk berlibur. Me-refresh-kan kembali pikiran yang telah penat dan stress. Sehingga kedepannya bisa melakukan aktifitas normal dengan semangat kembali. Nah, pertanyaannya jika kamu ingin liburan setelah masa pandemi ini, kamu ingin liburan kemana? Bagi kamu yang masih bingung, yuk baca rekomendasi dari Ainon Holidays spesial untuk kamu yang ingin liburan.

Mau Liburan Kemanakah Kamu Setelah Wabah Covid-19 ini Usai?

Pulau Sempu

Pulau ini merupakan salah satu tempat wisata yang cukup terkenal dengan keindahan alamnya. Untuk bisa melihat keindahan alam ini, medan yang harus kamu lewati memang tidaklah mudah. Sehingga tidak sedikit para wisatawan pemula harus menyewa tour guide untuk menemukan akses dan mendapati spot-spot yang menarik di pulau tersebut. Salah satu tempat yang menarik di Pulau Sempu adalah Segara Anakan. Pemandangan yang indah tersaji di tempat tersebut. Pemandangan pantai dengan tebing yang masih alami sangat cocok untuk dijadikan spot menarik untuk selfie. Bagi kamu yang ingin bermalam di tempat wisata ini, kamu bisa membawa tenda sendiri dan kamu bisa menikmati keindahan alam nan eksotis ini sepuasnya.

Pantai Balekambang

Pantai yang satu ini berada di sebelah selatan Kota Malang. Lokasinya yang berjarak sekitar 65 kilometer ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Baik wisatawan lokal, domestik, maupun mancanegara. Di masa pandemi ini, pastilah tempat wisata ini ditutup untuk kunjungan. Sehingga bisa dipastikan kebersihan dan kealamiannya pun akan selalu terjaga. Jika kamu perhatikan, pantai ini sekilas mirip dengan pantai yang ada di Bali, yaitu Tanah Lot. Sehingga kamu tidak perlu meragukan akan keindahan alam wisata ini.

Keindahan lainnya pun berupa ombak yang menggulung-gulung dan suara alam yang khas pantai nan eksotis tersebut. Bentangan pantai sepanjang 2 kilometer ini bisa kamu nikmati dengan berjalan kaki dari ujung ke ujung. Pastinya hal tersebut akan membuat kamu merasa puas bisa menikmati keindahan alam di Pantai Balekambang.

Pantai Nglambor

Pantai yang satu ini berada di daerah Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang bisa memuaskan hasratmu untuk melakukan snorkeling. Tidak seperti pantai selatan lainnya yang memiliki ombak yang cukup besar dan menakutkan. Di pantai ini kamu bisa menemukan laguna dengan air yang cukup tenang sehingga kamu bisa berendam dan melakukan snorkeling di pantai tersebut. Kamu pun bisa berfoto baik di pantai tersebut maupun di bawah air pantai Nglambor. Pokoknya asyik deh liburan berwisata di tempat ini.

Demikianlah beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi setelah wabah covid-19 ini usai. Semoga semua ini akan segera usai, dan semua bisa kembali normal seperti sedia kala. Dan kamu pun bisa kembali liburan bersama menggunakan armada dari Ainon Holidays.

Sisi Positif dari Adanya Covid-19

Sisi Positif dari Adanya Covid-19

Sisi Positif dari Adanya Covid-19 – Berbicara mengenai virus corona, pasti tidak jauh dari berbagai hal yang kurang enak di dengar. Seperti banyaknya pasien yang dirawat di rumah sakit, jumlah orang yang telah terpapar selalu meningkat, meningkatnya jumlah pengangguran, dan lain sebagainya. Banyak hal menjadikan bahwa virus corona atau covid-19 hanya memiliki dampak buruk saja. Padahal jika kita lihat bersama satu persatu dengan adanya pandemi virus corona ini, muncullah hal-hal atau dampak positif yang diakibatkan dari adanya virus tersebut. Sehingga dengan hal tersebut kamu bisa turut andil dalam berpikir positif dan menjadikannya sebagai penyemangat dalam kondisi seperti ini.

Ada hal positif yang bisa kamu ambil dari peristiwa merebaknya wabah virus corona ini yang melanda tidak hanya Indonesia saja, melainkan sampai berbagai negara. Apa saja hal positif tersebut yang bisa diambil hikmahnya? Yuk simak baik-baik bersama.

Sisi Positif dari Adanya Covid-19

Lebih Peduli dengan Kesehatan

Bagi semua orang pasti akan merasa panik akan virus corona ini. Tidak ada yang tau virus tersebut sekarang ada di mana saja. Sehingga cara terbaik untuk tetap sehat dan tidak terjangkit virus corona adalah dengan menjaga kesehatan. Baik dengan pola makan yang sehat dan pola hidup yang sehat. Selain itu, menjaga kebersihan diri dan rumah merupakan hal terpenting juga. Karena virus tersebut bisa menempel di sembarang tempat dan barang. Sehingga kebersihan harus tetap dijaga.

Selain itu, kamu juga harus peduli dengan sekitar baik tetangga maupun lingkungan. Dalam bertetangga harus saling menolong dan tetap menjaga physical distancing untuk menghindari terjadinya penyebaran virus. Jika memang sudah memiliki gejala yang mirip, alangkah baiknya untuk segera melakukan isolasi mandiri.

Seluruh Dunia Bekerja Sama

Masalah wabah virus corona tidak hanya menjadi permasalahan Indonesia atau China yang notabene merupakan negara asal virus tersebut. Masalah wabah ini sudah menjadi masalah internasional dan cara terbaik untuk segera mengusir atau membunuh virus tersebut adalah dengan mempererat dan bekerja sama dalam pemberantasan tersebut. Sehingga permasalahan wabah ini bisa segera bisa teratasi, tidak hanya dalam satu negara saja, melainkan bisa bersama-sama dalam pemberantasan virus tersebut.

Jiwa Sosial Menjadi Bangkit

Sebelum adanya virus corona, mungkin ada banyak orang yang merasa acuh dengan tetangga kanan dan kirinya. Bisa jadi mereka membutuhkan uluran tangan kita dalam menjalani hidup. Nah, salah satu hikmah yang bisa diambil ketika wabah virus corona ini berlangsung, yang biasanya tidak keluar untuk urusan dengan tetangga, saat ini jadi keluar dan mengetahui kondisi di lingkungan. Apalagi dengan kebijakan WFH ataupun PSBB menjadikan setiap orang bisa meningkatkan jiwa sosial minimal dengan tetangga sekitarnya.

Kualitas Udara Membaik

Sebelum adanya penyebaran virus corona, polusi udara ada dimana-mana. Berbagai kendaraan keluar dari sarangnya dengan mengeluarkan gas yang bisa membuat kualitas udara memburuk. Namun demikian, sekarang selama wabah virus corona ini berlangsung, setiap orang lebih memilih berada #dirumahaja kemudian tidak keluar jika tidak memang dalam keadaan mendesak. Sehingga dengan sedikitnya kendaraan yang lalu lalang dijalanan menjadikan kualitas udara menjadi lebih baik. Mungkin kamu juga ikut merasakannya khan?

Demikianlah beberapa sisi positif dari adanya covid-19 yang saat ini menjadi permasalahan tidak hanya Indonesia, melainkan juga dunia. Semoga wabah ini segera berakhir dan kamu bisa kembali jalan-jalan bersama armada dari Ainon Holidays.

Tempat Wisata di Jogja yang Kekinian

Tempat Wisata di Jogja yang Kekinian

Tempat Wisata di Jogja yang Kekinian – Wabah virus corona saat ini menjadikan para wisatawan lebih memilih dirumah dan mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak pergi kemana-mana. Hal tersebut bermaksud supaya persebaran virus corona yang mungkin ada di sekitar kita bisa dihentikan alias di putus. Dengan berhentinya penyebaran virus, maka tidak ada lagi orang yang berstatus positif corona. Sehingga semua akan kembali seperti sedia kala. Perekonomian bisa dibangun kembali, begitu pula sektor pariwisata yang memang mendapatkan pukulan telak dari wabah virus corona. Tidak hanya di Indonesia, bahkan sampai di seluruh penjuru dunia pun ikut merasakannya.

Tempat Wisata di Jogja yang Kekinian
Tempat Wisata di Jogja yang Kekinian

Jogja merupakan salah satu kota yang menjadi rujukan para wisatawan yang ingin melepas penat. Apalagi penat setelah selama ini berada di rumah karena mengikuti anjuran pemerintah. Dengan selesainya wabah tersebut menjadikan berbagai tempat wisata dibuka kembali. Jogja yang memiliki banyak tempat wisata pun menjadi salah satu kota rujukan bagi para wisatawan dari berbagai seluruh penjuru Indonesia, bahkan dunia. Sehingga setiap akhir pekan atau musim liburan, Jogja selalu ramai dikunjungi wisatawan dari luar daerah. Kepadatan di jalan pun menjadi terasa apalagi ketika melihat banyak kendaraan dengan plat nomor luar daerah Jogja. Bagi kamu yang sudah merencanakan ingin liburan ke Jogja pasca wabah virus corona ini berakhir, berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa kamu kunjungi.

Tempat Wisata di Jogja yang Kekinian

Studio Alam Glampong

Tempat wisata yang satu ini memiliki julukan Mini Hollywood. Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena memiliki spot menarik baik untuk foto-foto ataupun kebutuhan syuting. Tempat ini tadinya merupakan salah satu tempat untuk set film Sultan Agung the Untold Story yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Disusul dengan film Bumi Manusia yang mengangkat tema kehidupan di Indonesia pada abad ke 16.

Bagi kamu yang mencintai sejarah Indonesia dan ingin napak tilas dengan kehidupan di waktu tersebut, kamu bisa mengunjungi tempat ini. Kamu bisa melihat replika keraton Mataram pada jamannya yang dilengkapi dengan kampung di sekitarnya dan juga benteng Batavia pada jaman penjajahan dahulu.

Glamping Indekostour

Kegiatan berkemah memang merupakan salah satu kegiatan yang seru, apalagi bisa berkemah bersama teman-teman. Siapa sih yang senang dengan kegiatan ini? Apalagi bagi kamu yang mencintai kegiatan alam, kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang menyenangkan bukan?

Di tempat ini kamu bisa mencoba menikmati kemah mewah yang memiliki sebutan glamping (glamour camping). Walaupun kamu tetap tidur di tenda, tetapi kamu bisa juga tidur di kasur yang empuk kok. Tenda tersebut pun dilengkapi juga dengan pendingin ruangan, televisi layar datar, dan lain sebagainya. Sehingga kamu bisa berkemah dengan fasilitas yang memadai.

Ketika bangun tidur kamu bisa menikmati keindahan candi Prambanan pada pagi hari. Sehingga pagi harimu akan bisa melihat pemandangan indah dan suasana sejuk di wilayah candi Prambanan.

HeHa Sky View

Dari tempat ini kamu bisa menikmati keindahan perbukitan yang ada di sekitar tempat wisata HeHa Sky View. Ketika sore tiba pun kamu juga bisa melihat sunset dari ketinggian dengan pemandangan yang tak kalah indah dari tempat-tempat lainnya. Tempat ini merupakan salah satu restoran yang tergolong baru. Dimana tempat ini dibuka untuk umum pada tahun 2019 dan bisa memikat banyak hati wisatawan untuk datang mengunjungi tempat wisata ini. Tidak hanya muda mudi saja yang tertarik mengunjungi tempat wisata ini, keluarga pun ada yang datang. Sehingga tempat ini merupakan tempat yang disukai oleh semua orang. Berbagai spot selfie pun bisa kamu temukan di sini. Jadi bagi kamu yang memang suka dengan potret memotret, kamu bisa mendapatkan banyak spot menarik untuk kamu.

Demikianlah beberapa tempat wisata di Jogja yang kekinian yang bisa kamu kunjungi setelah wabah virus corona ini berakhir. Mari kita berdoa bersama untuk segera selesai wabah virus ini dan kamu bisa kembali jalan-jalan mengeksplorasi berbagai tempat wisata di Indonesia bersama Ainon Holidays.

Quarantine-15 di Kala Pandemi Covid-19

Quarantine-15 di Kala Pandemi Covid-19

Quarantine-15 di Kala Pandemi Covid-19 – Selama masa pandemi covid-19 ini banyak orang yang harus belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan mungkin juga sebagian dari kamu harus dirumahkan dari tempat kerja kamu. Hal ini tidak sedikit yang mengalaminya, tetapi banyak. Para pelajar harus bersekolah dari rumah dan lain sebagainya. Nah, selama melakukan apapun semuanya dirumah, tidak sedikit yang mulai penat, bosan, dan lain sebagainya. Alhasil tidak sedikit pula yang melampiaskannya dengan makan. Iya biasanya pola makan akan meningkat. Apalagi ketika makanan yang tersaji yang menggugah selera. Sehingga porsi makan akan meningkat.

Quarantine-15 di Kala Pandemi Covid-19
Quarantine-15 di Kala Pandemi Covid-19

Hal ini sering disebut juga dengan “quarantine-15”. Istilah “quarantine-15” berdasarkan kepada kenaikan berat badan seseorang sebesar 15 pon atau sekitar 6.8 kilogram. Ketika stress, penat, khawatir, dan lain sebagainya pada saat covid-19 ini, banyak orang melampiaskan dengan makan makanan yang mengandung tinggi gula, lemak, dan karbohidrat. Makanan dan minuman tersebut berlaku sebagai obat penenang alami yang membuat pikiran menjadi rileks dan nyaman. Namun demikian, solusi tersebut merupakan solusi instan yang hanya memuaskan nafsu jangka pendek. Untuk jangka panjangnya, solusi tersebut akan membuat seseorang akan terus menerus makan dan akhirnya kurang bergerak. Hal ini akan berdampak pada masalah kesehatan tubuh yang serius.

Cara Mencegah Quarantine-15 Pada Saat Pandemi Covid-19

Untuk menjaga berat badan yang ideal di tengah kondisi yang rentan membut orang stress tinggi di saat wabah covid-19 ini memang bukanlah perkara yang mudah. Menurut Northwestern Medicine, terdapat beberapa tips menurunkan berat badan dan mencegah makan berlebih pada saat pandemi covid-19. Diantaranya :

  1. Catat segala makanan yang dikonsumsi berikut serta dengan besaran kalori setiap harinya.
  2. Hindari untuk ngemil dengan membangun kesadaran melalui pertanyaan “Apakah saya benar-benar lapar?”
  3. Pilihan camilan yang perlu dirubah. Dengan kandungan kalori sekitar 150 kalori per porsi dengan komposisi serat dengan minim gula, garam, dan lemak.
  4. Biasakan makan di tempat meja makan. Jangan dibiasakan makan di depan televisi ataupun komputer.
  5. Susun rencana untuk komposisi makan dan camilannya tiap harinya.
  6. Kreatif dalam membuat menu makanan sehat. Seperti menggunakan ayam tanpa lemak, kacang-kacangan, sayuran, dan lain sebagainya.
  7. Hindari konsumsi jus berpemanis yang akan menumpuk kalori dalam tubuh. Selain itu juga kurangi konsumsi boba, soda, dan minuman berenergi
  8. Lebih banyak bergerak baik dengan jalan kaki, berlari, atau lain sebagainya.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai quarantine-15 di kala pandemi covid-19 yang bisa kamu pelajari. Dan kamu pun mendapatkan informasi mengenai cara mencegah quarantine-15 tersebut. Semoga kita semua selalu sehat dan wabah virus ini supaya segera berlalu. Dan kamu bisa kembali lagi jalan-jalan bersama Ainon Holidays mengunjungi berbagai keindahan di seluruh Indonesia.

Herd Immunity Apakah Bisa Menyembuhkan Corona

Herd Immunity Apakah Bisa Menyembuhkan Corona?

Herd Immunity Apakah Bisa Menyembuhkan Corona? – Saat ini wabah virus corona sudah menyebar ke berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Tidak hanya Indonesia saja, berbagai negara di dunia ini pun memiliki masalah yang sama dengan Indonesia. Yaitu masalah wabah virus corona. Sebuah makhluk hidup yang berukurang sangat kecil dan tidak bisa dilihat dengan mata telanjang ini telah membuat warga negara ketakutan. Namun begitu bagi orang-orang yang sudah terjangkit, masih ada kemungkinan untuk disembuhkan. Hal inilah yang harus diperhatikan bagi setiap orang, bahwasanya seseorang yang terjangkit virus corona masih bisa disembuhkan. Walaupun sampai saat ini belum ditemukan vaksinnya.

Herd Immunity Apakah Bisa Menyembuhkan Corona?

Indonesia saat ini berusaha untuk menekan persebaran virus corona yang cepat dan masif. Dari kebijakan yang berupa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) samai dengan yang paling mudah yaitu mengajak untuk selalu cuci tangan dengan menggunakan air dan sabun. Rapid test massal pun dilakukan untuk mengetahui atau memetakan persebaran virus corona saat ini yang terjadi di Indonesia. Di tengah ramainya informasi mengenai virus corona, muncullah sebuah istilah “herd immunity”. Apa itu Herd Immunity? Herd Immunity atau kekebalan kelompok merupakan sebuah kondisi dimana sebagian besar orang dalam suatu kelompok telah memiliki kekebalan terhadap penyakit infeksi tertentu. Semakin banyak orang yang kebal akan suatu penyakit akan semakin sulit pula penyakit tersebut untuk menyebar. Hal ini dikarenakan sudah tidak banyak orang yang bisa terinfeksi.

Salah satu cara atau metode untuk mendapatkan kekebalan tubuh untuk melawan hal asing yang masuk ke dalam tubuh adalah dengan cara vaksinasi. Sebagai contoh adalah vaksin polio. Ketika ada virus polio masuk ke dalam tubuh seseorang dan seseorang tersebut sudah di vaksin sebelumnya, maka tubuh akan mengeluarkan antibodi secara langsung untuk melawan virus polio tersebut. Sehingga virus polio tersebut tidak akan bisa menyerang orang lain melalui kontak secara langsung dengan orang lain.

Herd Immunity Apakah Bisa Menyembuhkan Corona
Herd Immunity Apakah Bisa Menyembuhkan Corona

Selain dari vaksin, ada hal lain yang bisa dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan kekebalan tubuh secara alami tersebut. Hal tersebut berasal dari orang-orang yang sebelumnya telah terjangkit kemudian sembuh secara alami. Setelah pulih, seseorang tersebut akan memiliki antibodi untuk melawan virus tersebut jika nanti masuk kembali. Jadi, semakin banyak orang yang terjangkit kemudian sembuh, maka akan semakin banyak pula orang yang kebal dan herd immunity-nya akan terbentuk.

Demikianlah beberapa hal mengenai herd immunity yang bisa kamu dapatkan di artikel ini. Semoga wabah virus corona ini bisa segera teratasi secara bersama. Baik dari pemerintah dengan kebijakan-kebijakannya, dan sebagai warga negara yang baik juga harus mengikuti apa yang menjadi himbauan pemerintah serta melakukan yang terbaik untuk diri, keluarga, dan orang-orang di sekitar. Semoga wabah ini segera berakhir dan kamu bisa kembali lagi jalan-jalan menikmati keindahan Indonesia bersama Ainon Holidays.

Prosedur Rapid Test yang Harus Kamu Ketahui

Prosedur Rapid Test yang Harus Kamu Ketahui

Prosedur Rapid Test yang Harus Kamu Ketahui – Virus Corona saat ini memang menjadi masalah, tidak hanya di Indonesia, melainkan sudah banyak negara yang memiliki masalah yang sama. Makhluk hidup kecil yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang tersebut sudah berhasil membuat masyarakat dunia ketakutan. Walaupun sebenarnya seseorang yang terjangkit virus tersebut bisa disembuhkan. Akan tetapi yang di takuti dari virus tersebut adalah persebarannya yang cepat dan masif. Sehingga bisa menyerang siapa saja dan kapan saja.

Tiap daerah di Indonesia telah melaporkan adanya kasus positif di daerahnya. Sehingga tidak sedikit daerah yang ingin melakukan rapid test. Dimana tes tersebut untuk mengetahui apakah ada warga di daerah tersebut yang terjangkit virus corona atau tidak. Karena terkadang seseorang yang mengidap virus corona tersebut dalam keadaan sehat dan tanpa gejala. Orang yang seperti ini yang sebenarnya membahayakan bagi kesehatan orang lain. Karena ketika orang tersebut bertemu dengan orang yang memiliki sistem imun yang rendah atau memiliki penyakit penyertalah yang akan membahayakan. Karena orang yang memiliki imun yang rendah dan penyakit penyerta akan mengalami penurunan imun. Sehingga penyakitnya penyerta tersebut akan meningkat dan tidak sedikit karena penyakit penyerta tersebut seseorang akan mengalami kematian.

Prosedur Rapid Test yang Harus Kamu Ketahui
Prosedur Rapid Test yang Harus Kamu Ketahui

Pertanyaannya sekarang, taukah kamu apa itu rapid test? Rapid test adalah salah satu metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi yang ada di dalam tubuh khususnya IgM dan IgG yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus corona. Antibodi tersebut di bentuk oleh tubuh ketika terdapat benda asing masuk ke dalam tubuh. Nah terus sekarang bagaimana prosedur Rapid testnya? Berikut ini akan dibahas mengenai prosedur tersebut untuk bisa diketahui oleh masyarakat luas.

Prosedur Rapid Test yang Harus Kamu Ketahui

Pada awalnya akan diambil sampel darah dari ujung jari. Kemudian darah yang keluar akan diteteskan ke alat rapid test tersebut. Setelah itu cairan yang digunakan untuk menandai antibodi di teteskan di tempat yang sama tersebut. Kemudian hasilnya akan terlihat dalam waktu 10 sampai 15 menit berupa garis.

Hasil reaktif pada saat rapid test memperlihatkan bahwa orang tersebut sudah pernah terinfeksi virus corona. Namun begitu, orang-orang yang sudah terinfeksi virus corona dan terdapat virus di dalamnya bisa saja mendapatkan hasil rapid test yang non reaktif. Hal ini dikarenakan tubuh belum membentuk antibodi terhadap virus corona yang bersarang di dala tubuh.

Oleh karena itu, jika hasilnya yang keluar adalah non reaktif, maka akan dilakukan pemeriksaan sekali lagi setelah 7 sampai 10 hari setelah tes pertama. Selama proses tersebut kamu harus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari atau bahkan lebih. Hal ini bertujuan untuk menjaga supaya tidak menularkan virus tersebut kepada orang lain. Apalagi bagi orang-orang yang menganggap dirinya sehat bugar.

Demikianlah beberapa hal yang berkaitan dengan prosedur rapid test. Semoga dengan hal ini bisa menekan persebaran virus tersebut dan semua bisa kembali seperti dulu lagi sebelum corona. Dan kamu bisa kembali lagi mengekspolor berbagai tempat wisata yang ada di Indonesia bersama Ainon Holidays.

Apa itu Coronavirus

Apa itu Coronavirus ? Sudahkah Kamu Tau

Apa itu Coronavirus ? Sudahkah Kamu Tau – Saat ini dunia sedang disibukkan dalam penanganan virus corona atau coronavirus. Virus ini merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan infeksi saluran pernafasan atas ringan sampai sedang. Gejala yang ditimbulkan dari virus tersebut mirip dengan gejala flu. Jadi hal ini perlu diwaspadai dengan baik dan tidak untuk diremehkan. Beberapa jenis virus ini juga menimbulkan berbagai penyakit yang lebih serius, diantaranya :

  • Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV)
  • Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV)
  • Pneumonia

Covid-19 atau dikenal juga dengan sebutan Novel Coronavirus ini menyebabkan pneumonia. Namun begitu, virus ini tidak perlu ditakuti karena bisa disembuhkan secara medis walaupun vaksinnya belum ditemukan. Yang perlu diwaspadai dari virus ini adalah penyebarannya yang tergolong cepat dan masif.

Apa itu Coronavirus
Apa itu Coronavirus

Penyebab Infeksi Virus Corona

Setiap orang dimungkinkan untuk terjangkit virus ini tanpa melihat kedudukan ataupun umur. Dari yang paling muda sampai yang paling tua memiliki tingkat kemungkinan yang sama untuk terkena virus tersebut. Sehingga hal ini perlu diwaspadai apalagi bagi orang-orang yang memiliki penyakit penyerta ataupun yang memiliki tingkat imun yang lemah. Penyebaran virus biasa terjadi melalui :

  • Percikan air liur yang keluar dalam bentuk bersin ataupun batuk
  • Bersentuhan baik tangan atau anggota tubuh lainnya tanpa menggunakan pelapis seperti kain dan lain sebagainya
  • Menyentuh barang yang sudah pernah disentuh oleh penderita atau karena sudah terpapar air liur penderita

Gejala yang ditimbulkan oleh seseorang yang terjangkit virus corona rata-rata akan terlihat pada hari ke 2 sampai dengan hari ke 14 setelah virus masuk ke dalam tubuh.

Gejala Infeksi Coronavirus

Berbagai gejala yang terjadi ketika seseorang terpapar virus tersebut yang terbilang ringan diantaranya :

  • Demam (suhu tubuh diatas 38 derajat celcius)
  • Batuk kering
  • Sakit tenggorokan

Jika hal ini tidak segera tertangani, biasanya akan muncul gejala-gejala berikutnya diantaranya :

  • Batuk disertai darah
  • Sesak nafas

Bagi kamu yang belum mengetahui apa itu coronavirus, kamu saat ini sudah mengetahuinya apa itu dan apa penyebabnya serta apa gejalanya. Semoga dengan artikel ini kamu bisa membantu pemerintah dalam penanggulangan virus tersebut. Dan alangkah baiknya untuk tetap mematuhi aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah seperti social distancing, menggunakan masker jika keluar rumah, cuci tangan dengan menggunakan air dan sabun, dan lain sebagainya. Semoga wabah virus ini segera berakhir dan kamu bisa kembali jalan-jalan bersama Ainon Holidays.

Diagnosa Virus Corona yang Harus Kamu Tau

Diagnosa Virus Corona yang Harus Kamu Tau

Diagnosa Virus Corona yang Harus Kamu Tau – Virus corona saat ini menjadi momok bagi setiap orang. Tidak hanya di China saja yang menjadi sumber adanya virus corona, melainkan Indonesia pun saat ini dibayang-bayangi oleh virus tersebut. Memang menurut medis, seseorang yang sudah terpapar dan positif terjangkit virus corona, masih bisa disembuhkan. Walaupun sampai saat ini vaksin dari virus tersebut belum ditemukan. Berbagai daya dan upaya telah dilakukan oleh tim medis serta di dukung oleh seluruh rakyat Indonesia. Yang perlu diwaspadai dari virus ini adalah penyebarannya yang cepat dan masif sehingga bisa jadi saat ini virus tersebut ada di sekitar kita.

Diagnosa Virus Corona yang Harus Kamu Tau
Diagnosa Virus Corona yang Harus Kamu Tau

Persebaran virus tersebut sudah masuk ke berbagai daerah di Indonesia. Berbagai hal telah dilakukan oleh pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah. Kebijakan tersebut diharap bisa dipatuhi oleh seluruh rakyat sehingga persebaran virus tersebut bisa ditekan dan proses penyembuhan bisa dipercepat.

Diagnosa Virus Corona yang Harus Kamu Tau

Untuk menentukan apakah seorang pasien telah terinveksi virus corona, dokter pasti akan menanyakan gejala-gejala yang dialami pasien dan riwayat perjalanan. Hal ini penting untuk mengetahui jika memang seseorang pasien tersebut positif bisa dilacak dari mana pasien tersebut terinfeksi. Selain itu juga sang dokter menanyakan sang pasien sudah kontak dengan siapa saja. Hal ini bertujuan untuk memutus mata rantai dan segera melakukan tindakan preventif agar rantai persebaran bisa di hentikan.

Nah, untuk memastikan diagnostik seseorang sudah terpapar virus corona, dokter secara medis akan melakukan beberapa pemeriksaan. Diantaranya :

  • Rapid Test yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana antibodi (IgM dan IgG) yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus corona.
  • Swap Test atau Tes PCR (Polymerase Chain Reaction) yang bertujuan untuk mendeteksi virus corona ada di dalam dahak manusia.
  • CT Scan dan rontgen dada yang bertujuan untuk mendeteksi infiltrat atau cairan di paru-paru.

Ketiga tahapan tersebut merupakan urutan. Dimana seseorang yang memiliki gejala akan melakukan rapid test, kemudian jika masih positif dalam dua kali pengetesan, maka akan dilakukan swap test. Kemudian untuk melengkapi seorang pasien harus melakukan CT scan dan rontgen bagaimana kondisi virus corona yang sudah menyerang paru-paru.

Demikianlah beberapa tahapan diagnosa virus corona yang harus kamu jalani ketika kamu memiliki gejala yang mirip dengan gejala terserang virus corona. Semoga wabah ini bisa segera di selesaikan dengan berbagai cara yang bisa dilakukan oleh pemerintah dan seluruh warga masyarakat Indonesia. Kemudian kamu bisa kembali lagi menjalani aktifitas normal dan bisa kembali mengeksplor berbagai tempat wisata yang ada di Indonesia bersama armada dari Ainon Holidays.

Tips Meningkatkan Imunitas Saat Isolasi Mandiri

Tips Meningkatkan Imunitas Saat Isolasi Mandiri

Tips Meningkatkan Imunitas Saat Isolasi Mandiri – Virus corona saat ini telah menyita perhatian seluruh orang di berbagai penjuru bumi ini. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah pasien yang cukup banyak. Sudah ada korban jiwa terkait penyebaran virus tersebut walaupun kebanyakan korban jiwanya merupakan orang-orang yang memiliki penyakit penyerta sebelumnya. Saat ini, pihak medis yang merupakan garda terdepan dalam penanganan virus tersebut di rumah sakit sedang berusaha sekuat tenaga untuk memberikan penanganan terbaik supaya virus tersebut bisa teratasi dan tidak ada korban jiwa lagi.

Masih meningkatnya jumlah pasien yang terindikasi positif terpapar virus corona menjadikan status Indonesia belum aman dari persebaran virus tersebut. Persebaran virus yang cepat dan masif menjadikan virus tersebut harus segera di putus mata rantai penyebarannya. Berbagai hal seperti dilakukannya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), penggunaan APD (Alat Pelindung Diri), dan lain sebagainya telah di terapkan. Namun demikian masih membutuhkan peran masyarakat untuk mendukung pemerintah dalam hal penanganan virus tersebut supaya tidak lagi menyebar dan bisa tertangani dengan baik.

Secara medis penanganan virus corona bisa disembuhkan. Namun demikian ada berbagai hal yang perlu dipatuhi dan dijaga supaya dapat ditangani dengan baik dan tidak menyebarkan kepada orang lain. Bagi kamu yang sudah pernah kontak dengan pasien positif ataupun yang sedang dalam pengawasan, alangkah baiknya untuk melakukan isolasi mandiri. Dalam melakukan isolasi mandiri, seseorang yang sudah pernah bersinggungan diharapkan melakukan tindakan isolasi dengan baik dan tertib. Karena jangan sampai menjadi penular bagi orang lain. Dan selama masa isolasi diharapkan untuk selalu meningkatkan imunitas diri supaya tubuh bisa membunuh atau melawan virus yang sudah bersarang di dalam tubuh secara mandiri.

Tips Meningkatkan Imunitas Saat Isolasi Mandiri
Tips Meningkatkan Imunitas Saat Isolasi Mandiri

Nah, bagaimana cara meningkatkan imunitas diri? Berikut ini tips meningkatkan imunitas diri selama masa isolasi mandiri supaya tubuh tetap sehat dan terjaga dari serangan virus corona.

Tips Meningkatkan Imunitas Saat Isolasi Mandiri

  • Istirahat yang cukup

Orang dewasa pada umumnya membutuhkan waktu untuk istirahat selama 7 sampai 8 jam. Sedangkan remaja membutuhkan waktu selama 9 sampai 10 jam selama sehari.

  • Perbanyak makan sayur dan buah

Kandungan vitamin dan mineral yang terkandung di dalam sayur dan buah memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga tubuh bisa dengan sendirinya melawan benda asing yang masuk ke dalam tubuh.

  • Hindari Stress

Stress yang tidak bisa dikendalikan dan berkepanjangan akan membuat kondisi hormon dalam tubuh tidak normal. Dan produksi hormon kortisol pun meningkat. Jika tidak ditangani dalam jangka panjang, maka hormon kortisol ini bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh dapat rentan terserang penyakit.

  • Hindari Rokok dan Alkohol

Kedua barang tersebut dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh menjadi rentan akan serangan penyakit dari luar.

Demikianlah beberapa hal yang merupakan tips meningkatkan imunitas tubuh selama masa isolasi mandiri supaya tubuh tetap terjaga kesehatannya. Semoga dengan cara ini, bagi kamu yang sedang melakukan isolasi mandiri bisa negatif (sembuh) dari virus corona. Semoga juga, wabah virus ini bisa segera terselesaikan dan semua bisa kembali ke kondisi normal lagi serta bisa kembali jalan-jalan bersama armada dari Ainon Holidays.