Crew Bus Pariwisata

Tahukah Kamu, Mengapa Crew Bus Pariwisata Ada 2 ?

Jika kamu pernah naik bus dengan perjalanan jauh, entah itu mudik atau sedang wisata pasti kamu akan menjumpai crew bus pariwisata berjumlah dua orang. Pasti kamu penasaran kenapa harus dua, kenapa tidak sendiri saja. Oleh karena itu kamu wajib tahu apa saja tugas seorang crew bus, agar dikemudian hari kamu bisa membedakan antara keduanya.

Dalam pengoperasian bus pasti ada seorang yang sebagai crew utama atau sopir dan seorang lagi sebagai asisten pengemudi atau sering kita sebut sebagai kenek. Nah tugas dari seorang kenek antara lain :

1. Menjaga Kebersihan

Seorang kenek akan bertanggung jawab secara penuh untuk kebersihan bus selama dalam perjalanan baik kebersihan interior dan exterior. Seorang kenek akan selalu mengontrol kebersihan bus pada saat dalam pemberhentian atau pada saat parkir yang cukup lama.

2. Menata Barang Bawaan

Selain menjaga kerbersihan, seorang kenek juga bertanggungjawab untuk menata barang bawaan, terutama di bagasi.

3. Kerusakaan Kecil

Selama dalam perjalanan, siap saja pasti tidak ingin ada sebuah permasalahan. Namun untuk mengantisipasi kerusakan-kerusakan kecil yang tidak sengaja seperti ban kempes, listrik tidak menyala, bocor karena ac dan lainnya seorang kenek akan selalu siap tanggap untuk menanganinya.

4. Apakah Asisten (kenek) Boleh Menyupir ?

Nah ini pasti yang jadi pertanyaan kamu, bolehkah seorang kenek menyupir atau menggantikan crew utama. Mungkin di beberapa perusahaan bus lainnya seorang kenek diperbolehkan untuk menggantikan mengemudi, namun di Ainon Holidays seorang asisten pengemudi (kenek) dilarang keras untuk mengambil alih kemudi. Karena dalam Standart Operation Prosedur Ainon Holidays seorang pengemudi harus memiliki kemampuan yang cukup mumpuni dan jam terbang yang tinggi. Karena seorang pengemudi yang bertanggung jawab penuh atas keselamatan penumpang dalam perjalanan. Oleh karena itu seorang pengemudi di Bus Ainon Holidays memang diseleksi secara ketat demi kenyamanan perjalanan penumpang.

Itulah beberapa tugas seorang asisten pengemudi yang perlu kamu ketahui. Dan satu hal lagi yang perlu kamu ketahui, saat masuk kesebuah obyek wisata pengemudi dan asisten tidak perlu membayar tiket masuk. Sehingga kamu tidak perlu takut kelebihan budget, apalagi kamu menyediakan anggaran khusus pengemudi dan asisten untuk membeli tiket masuk. Itu tidak perlu, cukup kamu simpan saja uangnya buat keperluan yang lain. Selain itu seorang asisten pengemudi juga tidak akan mengurangi kapasitas tempat duduk penumpang, karena sudah disediakan khusus.

Nah, jika kalian menggunakan Bus Pariwisata Ainon Holidays, setiap bus yang kamu gunakan pasti akan menggunakan minimal 2 crew yang akan mendampingi perjalanan kamu. Karena perusahaan kami telah mewajibkan kepada setiap armada bus yang berangkat harus ada 2 crew.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *