Tempat Wisata di Surakarta yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Surakarta yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Surakarta yang Wajib Dikunjungi – Bagi kamu warga Jakarta, pasti tidak sedikit dari kamu yang berasal dari Surakarta. Ya, salah satu kota yang berada di daerah Jawa Tengah. Mungkin sebagian orang mengenal kota Surakarta dengan sebutan Solo. Tidak hanya dari sisi sejarahnya yang menjadikan kota ini terkenal, melainkan ada beberapa hal menarik yang dimiliki oleh Surakarta. Seperti tempat wisata alam, kuliner, dan lain sebagainya. Sehingga banyak wisatawan yang ingin datang ke sini, karena ingin melepas penat sekaligus bertemu dengan keluarga atau teman (bagi yang pernah tinggal di Surakarta).

Tempat Wisata di Surakarta yang Wajib Dikunjungi
Tempat Wisata di Surakarta yang Wajib Dikunjungi

Nah, bagi kamu yang belum pernah ke Surakarta dan ingin berkunjung ke sana sekaligus refreshing, berikut ini beberapa tempat wisata di Surakarta yang wajib dikunjungi.

Tempat Wisata di Surakarta yang Wajib Dikunjungi

Kraton Surakarta

kraton surakarta
kraton surakarta

Jika kamu ingin mengetahui mengenai sejarah, tempat pertama yang bisa kamu pilih untuk dikunjungi adalah Kraton Surakarta. Bangunan ini dibangun pada masa kepemimpinan Susuhunan Pakubuwono II pada tahun 1744 yang menggantikan Kraton Kartasura yang hancur akibat peperangan Geger Pecinan pada tahun 1743.

Tempat ini sampai sekarang masih digunakan sebagai tempat tinggal Sri Sunan dan sekaligus digunakan sebagai tempat wisata sejarah. Kompleks Kraton Surakarta meliputi : Alun-alun Lor, Alun-alun Kidul, Siti Hinggil Lor, Siti Hinggil Kidul, Sasana Sumewa, Kemandungan Lor, Kemandungan Kidul, Sri Manganti Lor, Sri Manganti Kidul, Kedaton, dan Kamagangan. Dimana kesemuanya tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Taman Balekambang

taman balekambang
taman balekambang

Bagi kamu yang ingin melihat keasrian Surakarta khususnya di daerah tengah kota, kamu bisa berkunjung ke Taman Balekambang. Tempat wisata ini berada di Jalan Ahmad Yani, Solo. Taman ini memiliki luas sekitar 10 hektar yang dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII pada tahun 1921 yang ditujukan kepada kedua putrinya yaitu GRAy Partini dan GRAy Partinah.

Taman ini terbagi menjadi dua bagian. Yang pertama adalah Partinah Bosch yang merupakan taman dari berbagai tanaman langka seperti beringin putih, beringin sungsang, apel coklat, kenari. Sedangkan taman satunya bernama Partini Tuin yang merupakan wahana bermain seperti perahu hias yang bisa kamu naiki.

Pasar Klewer

pasar klewer surakarta
pasar klewer surakarta

Jauh-jauh ke Surakarta, pasti rasanya ada yang kurang jika tidak mampir ke pasar Klewer. Pasar Klewer merupakan salah satu tujuan wisata favorit. Dimana kamu bisa mendapatkan kain atau batik dengan harga yang cukup terjangkau. Pasar ini merupakan pasar tekstil terbesar di Surakarta. Di pasar ini banyak terdapat kain baik yang merupakan hasil kreasi warga Surakarta maupun dari luar Surakarta.

Berbagai kreasi fashion yang berbahan kain batik pun banya disini. Sehingga kamu akan bebas untuk memilih membeliĀ  yang mana, Pastinya hal ini akan sangat berkesan jika di jadikan buah tangan.

Demikianlah beberapa tempat wisata di Surakarta yang wajib dikunjungi. Jangan sampai sudah jauh-jauh datang dari Jakarta ke Surakarta tidak bisa menikmati hari-hari di kota tersebut, apalagi ketika pulang tidak membawa buah tangan. Bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan wisata atau dinas ke Surakarta, kamu bisa menghubungi tim Ainon Holidays yang siap mengantarkanmu melakukan perjalanan wisata maupun dinas dengan menyesuaikan dana yang kamu miliki. Yuk segera hubungi tim kami.

1 Comment

  • sewa tanaman

    My relatives always say that I am wasting my time here at web, except I know I am getting experience everyday
    by reading such nice articles or reviews.

  • Write a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *