Tips Mendaki Gunung yang Perlu Kamu Tahu

Tips Mendaki Gunung yang Perlu Kamu Tahu

Belakangan ini acara pendakian gunung mulai ramai dilakukan oleh wajah baru. Tidak hanya pencinta alam saja, melainkan dilakukan oleh anak muda baik pelajar ataupun mahasiswa. Baik yang memang sudah bergabung dalam grup pencinta alam ataupun masih orang awam yang ingin mendaki saja. Kebanyakan dari mereka yang masih tergolong baru dalam urusan pendakian termotivasi dari inginnya mencoba pengalaman baru yang sedikit menantang, ingin pamer foto di puncak gunung, dan macam-macam alasan lainnya. Yang pasti kegiatan tersebut saat ini sudah banyak digandrungi oleh sebagian besar anak muda. Padahal jika di pikir-pikir, melakukan pendakian untuk sampai ke puncak bukanlah urusan yang mudah dan ringan. Pasti di perjalanan pendakian ada saja rintangan yang menghadang.

Biasanya para pendaki pemula banyak yang melakukan pendakian tetapi tidak sampai di tujuan akhir alias di puncak gunung dengan berbagai alasan.  Alasan terbesar dari para pendaki tersebut adalah kelelahan di perjalanan sehingga tidak sanggup lagi untuk sampai ke puncak. Sebenarnya untuk melakukan pendakian perlu persiapan yang matang. Baik perbekalan, fisik, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa tips mendaki gunung yang perlu diketahui oleh para pemula.

Tips Mendaki Gunung untuk para Pemula

Melatih Otot Kaki dan Keseimbangan

Kegiatan untuk melatih otot kaki perlu dilakukan setiap hari dengan cara lari baik pagi maupun sore hari. Hal ini perlu dilakukan rutin seminggu sebelum pendakian. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih otot kaki supaya tidak kaget menghadapi medan yang cukup menanjak, mengingat track yang akan dilalui tidaklah mudah. Tetapi jangan khawatir jika aktifitas fisik Anda sudah sering dilakukan dan cukup menjaga kekuatan otot kaki.

Selain lari, kamu juga perlu melatih keseimbangan. Latihan tersebut dapat dilakukan dengan cara senam kecil seperti berdiri beberapa saat dengan satu kaki. Kegiatan ini baik dilakukan ketika setelah melakukan lari pagi atau sore.

Jaga Kesehatan

Kesehatan merupakan hal yang paling vital dalam melakukan pendakian. Coba bayangkan jika Anda di tengah jalan sudah melambaikan tangan dan ternyata jatuh sakit, alhasil tidak hanya Anda yang gagal naik. Akan tetapi, rombongan Anda pun ikut gagal naik. Jadi, kesehatan sangat penting untuk melakukan pendakian. Tidak hanya kesehatan saja sich, akan tetapi fisik Anda juga harus bugar. Jangan sampai ketika kesehatan Anda fit, tetapi Anda kecapekan di perjalanan menuju jalur pendakian atau Anda sebelum melakukan pendakian telah menempuh perjalanan jauh. Nah, hal tersebut juga perlu diperhatikan juga.

Perlengkapan yang Harus Dibawa

Selain persiapan fisik, Anda juga harus mempersiapkan perbekalan yang akan dibawa untuk naik gunung. Anda harus mempersiapkan apa saja yang nantinya dibutuhkan selama perjalanan pendakian. Beberapa perlengkapan yang perlu dibawa adalah jaket, sarung tangan, tenda, matras, sleeping bag, senter, tongat, jas hujan, peralatan masak, cemilan, dan lain sebagainya. Pada intinya Anda ingin melakukan apa diatas sana, Anda harus mempersiapkan semuanya. Jangan sampai ada yang tertinggal satu pun. Karena bisa jadi akan merepotkan Anda sendiri dan kelompok Anda di tengah perjalanan untuk sampai ke puncak.

Demikianlah beberapa tips mendaki gunung yang perlu kamu tahu untuk para pemula. Hal yang terpenting sebelum melakukan pendakian adalah kesehatan. Jangan sampai kesehatan Anda terganggu ketika ingin melakukan pendakian. Karena salah-salah bisa membuat Anda dan kelompok Anda kerepotan di tengah perjalanan. Untuk sampai di jalur pendakian pastinya Anda butuh kendaraan. Bagi Anda yang butuh kendaraan, silahkan hubungi Ainon Holidays

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *