Tips Mudik Bagi Ibu Hamil Agar Tetap Sehat Selama Perjalanan

Tips Mudik Bagi Ibu Hamil Agar Tetap Sehat Selama Perjalanan

Tips Mudik Bagi Ibu Hamil Agar Tetap Sehat Selama Perjalanan – Mudik memang sudah menjadi suatu rutinitas setiap orang yang sudah merantau untuk mencari nafkah dan jauh dari orang tua. Kebiasaan ini biasanya terjadi pada musim lebaran hari raya Idul Fitri. Semua orang akan merasakan suka cita bertemu dengan orang tua dan keluarga besar terkasih. Betul begitu? Baik anak-anak, orang tua, anak muda, bahkan sampai ibu hamil pun ingin sekali untuk mudik ke kampung halaman. Tapi biasanya terkhusus bagi ibu hamil, ada hal-hal yang perlu diperhatikan jika memang menginginkan untuk ikut mudik. Sehingga baik sang ibu ataupun calon bayinya bisa tetap sehat hingga kembali ke tempat rantau lagi.

Tips Mudik Bagi Ibu Hamil Agar Tetap Sehat Selama Perjalanan
Tips Mudik Bagi Ibu Hamil Agar Tetap Sehat Selama Perjalanan

Di musim mudik ini, khususnya bagi ibu hamil, tips mudik bagi ibu hamil agar tetap sehat selama perjalanan sangat dibutuhkan. Apalagi bagi ibu muda yang baru hamil anak pertama. Pastinya banyak hal yang belum mereka ketahui  baiknya bagaimana agar sehat semuanya selama perjalanan. Oleh karena itu, Ainon Holidays memberikan tips mudik bagi ibu hamil agar tetap sehat selama perjalanan baik untuk arus mudik ataupun arus balik.

Tips Mudik Bagi Ibu Hamil Agar Tetap Sehat Selama Perjalanan

Konsultasikan Kepada Dokter Kehamilan Terlebih Dahulu

Hal ini adalah faktor utama yang harus dilakukan. Apakah kondisi janin dalam Rahim sang ibu sehat dan kuat atau tidak. Dan apakah berani untuk dibawa pergi-pergi atau tidak. Hal ini perlu dilakukan pengecekan kepada dokter spesialis kandungan. Jangan sampai ada hal-hal yang tidak kamu ketahui khususnya hal-hal yang berkaitan dengan medis sebelumnya.

Cari Tahu Pos Kesehatan di Sepanjang Perjalanan Mudik

Di sepanjang perjalanan pasti akan ada pos kesehatan yang berjaga yang bertujuan untuk menjaga kesehatan para pengendara kendaraan selama mudik. Dan pos ini biasanya menyediakan tempat gratis untuk beristirahat dan melakukan cek kesehatan. Bagi ibu hamil, pastilah tempat seperti ini akan sangat bermanfaat selama perjalanan. Kamu pun bisa cek kesehatan kamu ketika berhenti di pos kesehatan tersebut yang berjaga di sepanjang perjalanan mudik.

Konsumsi Air Minum yang Cukup

Sangat disarankan selama perjalanan mudik bagi ibu hamil cukup konsumsi air minum. Hal ini akan berkaitan sekali dengan faktor kebutuhan cairan baik sang ibu maupun sang janin. Jangan sampai sang ibu merasa dehidrasi selama perjalanan. Sehingga kebutuhan akan air minum harus dicukupi. Jika perlu sebelum melakukan perjalanan harus mempersiapkan air minum yang banyak sehingga ketika di jalan tidak sampai kehabisan stok air minum.

Berhenti Sejenak

Bagi ibu hamil, rasa pegal dan lelah akan mudah terasa. Sehingga tidak jarang bagi kendaraan yang membawa ibu hamil khususnya kendaraan pribadi sering berhenti di rest area ataupun di tepi jalan. Hal ini bertujuan untuk meregangkan kaki dan badan sehingga sirkulasi darah akan kembali lancar.

Demikianlah beberapa informasi atau tips mudik bagi ibu hamil agar tetap sehat selama perjalanan. Yang perlu kamu ingat adalah ketika melakukan perjalanan mudik, kesehatan ibu dan janin harus diperhatikan. Karena jika tidak diperhatikan akan membahayakan kesehatan baik ibu maupun janinnya. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin mudik, cukupkanlah istirahat selama perjalanan.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *