Kota Lama Semarang

Wisata Kota Tua di Indonesia

Wisata Kota Tua di Indonesia – Jaman dahulu, Indonesia sempat kedatangan berbagai negara untuk menjajah. Kenapa? Karena sumber daya yang dimiliki negara ini cukup melimpah. Apa yang mereka butuhkan untuk negara mereka, ada semua di Indonesia. Dari situ menjadikan Indonesia seakan kaya akan sejarah masa lalu. Seperti halnya hampir tiap kota memiliki bangunan kuno yang hingga saat ini masih terawat dan berdiri tegak. Hal tersebut menjadi salah satu daya tarik para wisatawan khususnya bagi wisatawan yang senang dengan dunia sejarah. Selain bangunan kuno, ada juga kota tua yang hingga kini pun menjadi salah satu idola para wisatawan untuk dikunjungi. Bagi kamu yang ingin tau kota tua di Indonesia, yuk mari lanjutkan membacanya.

Wisata Kota Tua di Indonesia
Wisata Kota Tua di Indonesia

Wisata Kota Tua di Indonesia

Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta
Kota Tua Jakarta

Dari jaman dahulu, Jakarta sudah menjadi kota penting. Apalagi dengan keberadaan pelabuhan Sunda Kelapa. Pada abad ke-16, kota ini sempat menjadi pusat perdagangan di benua Asia. Dan saat ini hanya menyisakan sekitar 1.3 kilometer persegi untuk kawasan kota tua yang membentang dari Jakarta Barat hingga Jakarta Utara, yaitu wilayah yang berhubungan dengan sejarah kerajaan Padjadjaran. Daerah tersebut pun sudah di sahkan menjadi warisan dunia oleh Bapak Ali Sadikin pada tahun 1972.

Kota Tua Surabaya

Kota Tua Surabaya
Kota Tua Surabaya

Surabaya yang dikenal sebagai kota pahlawan memiliki banyak cerita sejarah. Masih banyak bangunan tua yang berdiri dan tertata rapi. Masing-masing bangunan tersebut masih terawat dan terjaga keasliannya. Bahkan gedung-gedung tersebut masih difungsikan hingga saat ini. Sebagai contoh kantor gubernur yang berada di jalan pahlawan. Pada masa penjajahan Belanda, bangunan tersebut menjadi gedung pemerintahan. Begitu juga pada masa penjajahan Jepang. Kemudian terdapat juga hotel Yamato dan hotel Orange yang menjadi saksi hidup perjuangan masyarakat Surabaya pada waktu itu untuk merobek bendera Belanda menjadi Merah Putih saat ini masih difungsikan sebagai hotel.

Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang
Kota Lama Semarang

Semarang pun tak mau kalah. Kamu bisa menjumpai gedung-gedung tua di kota ini yang masih terpelihara dan berdiri kokoh. Bangunan tua tersebut kebanyakan berarsitektur Eropa sehingga terkadang kawasan ini memiliki julukan The Little Netherland. Apalagi lokasinya yang terpisah dengan kanal. Sehingga terlihat kawasan ini mirip sekali dengan Belanda. Salah satu bangunan yang terkenal adalah Gereja Blenduk yang berusia 2.5 abad. Kemudian ada juga gedung Lawang Sewu yang merupakan gedung dengan pintu yang banyak, dan lain sebagainya.

Jalan Braga Bandung

Jalan Braga Bandung
Jalan Braga Bandung

Jalan ini hingga saat ini merupakan jalan populer di Bandung. Kepopuleran jalan ini sudah dikenal sejak masa penjajahan Belanda. Dari jalan ini pun sebutan Paris van Java dan kota Kembang mencuat. Gedung-gedung tua yang berada di sebelah kanan dan kirinya masih terjaga dan berdiri dengan kokohnya. Bahkan kamu juga masih bisa menikmati nikmatnya roti khas Belanda pada jaman dahulu yang bisa kamu dapatkan di toko roti Sumber Hidangan yang ada sejak tahun 1900-an.

Demikianlah beberapa tempat wisata kota tua di Indonesia. Kamu bisa berwisata ke kota tua tersebut bersama dengan Ainon Holidays. Kami siap memberikan pelayanan prima dan kepuasan pelanggan merupakan layanan terbaik kami. Nikmati armada terbaik kami untuk mengantarkan kamu dalam perjalanan wisata yang menyenangkan.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *