Indahnya Telaga Pengilon. Sumber IG @sinagamerly

Wisata di Telaga Pengilon yang Membuatmu Betah

Wisata di Telaga Pengilon yang Membuatmu Betah – Dieng Plateu merupakan salah satu tujuan wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah. Tidak hanya wisatawan domestik saja, wisatawan mancanegara pun ikut andil dalam meramaikan tempat wisata yang ada di daerah kabupaten Wonosobo ini. Secara geografis, tempat wisata ini dimiliki oleh dua kabupaten, yaitu kabupaten Wonosobo dan kabupaten Banjarnegara. Lokasinya yang berada di dataran tinggi menjadikan tempat ini tergolong berhawa dingin, apalagi di dukung juga dengan banyaknya tempat wisata yang siap untuk kamu kunjungi.

Setiap tempat wisata pasti memiliki keindahan dan keunikannya masing-masing. Seperti halnya di Dieng terdapat beberapa telaga. Diantaranya Telaga Warna, Telaga Pengilon, Telaga Menjer, dan lain sebagainya. Kesetiap telaga tersebut memiliki karakteristik dan daya tariknya sendiri.

Keindahan Telaga Pengilon Dieng. Sumber IG @ewwinah_
Keindahan Telaga Pengilon Dieng. Sumber IG @ewwinah_

Telaga Pengilon memiliki air yang jernih, berbeda dengan telaga warna yang mengandung banyak belerang. Sehingga di telaga Pengilon terdapat berbagai macam jenis ikan dan sering dimanfaatkan oleh penduduk sekitar sebagai tempat mancing dan sumber mata air bagi pertanian sekitar.

Sejarah Telaga Pengilon

Setiap tempat pasti memiliki sejarah masing-masing. Kenapa suatu tempat diberi nama “A” dan selainnya. Seperti halnya pada Telaga Pengilon, telaga yang memiliki arti danau dan pengilon yang diambil dari bahasa Jawa yang berarti kaca atau cermin, menjadikan telaga pengilon merupakan sebuah danau yang bisa digunakan untuk bercermin.  Hal ini di dukung juga oleh air telaga yang jernih dan tidak mengandung zat kimia seperti belerang. Hal ini yang menjadi cikal bakal dari nama telaga tersebut.

Indahnya Telaga Pengilon. Sumber IG @sinagamerly
Indahnya Telaga Pengilon. Sumber IG @sinagamerly

Lokasi Telaga Pengilon

Untuk telaga Pengilon lokasinya berada dekat dengan telaga warna, tepatnya berada di sebelah selatan telaga warna. Jika kamu dari pintu masuk, kamu langsung menuju telaga Pengilon yang jaraknya sekitar 300 mter dengan menyusuri jalan setapak. Secara administratif, letak Telaga Pengilon berada di Dieng Wetan, kecamatan Kejajar, kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Jika kamu sudah pernah mengunjungi Candi Dieng, lokasinya berjarak sekitar 1 kilometer dari kawasan wisata Candi Dieng. Jika kamu masih merasa bingung untuk sampai ke lokasi tempat wisata, kamu bisa klik disini saja.

Harga Tiket Masuk Telaga Pengilon

Bagi kamu yang ingin datang ke Telaga Pengilon, jangan lupa untuk mempersiapkan uang untuk membayar tiket masuk Telaga Pengilon. Jika belum berubah, harga tiketnya adalah Rp 10.000 per orang. Harga yang cukup terjangkau dimana di dalam kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan kamu pun bisa bermain di sekitar telaga Pengilon tersebut.

Demikianlah beberapa informasi terkait tempat wisata di Telaga Pengilon Wonosobo yang bisa kamu kunjungi kapan-kapan. Kamu bisa menggunakan armada dari Ainon Holidays untuk melakukan perjalanan wisata kemana saja dan kapan saja kamu inginkan. Yang terpenting adalah setiap armada kami selalu siap kapan saja kamu butuhkan. Yang jelas kondisi kendaraan dalam perawata yang baik. Jangan lupa klik disini sekarang ya.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *