solo

Tips Anti Mabuk Perjalanan Darat

Perjalanan tak selalu manis rasanya. Kadang, ada saja hal-hal yang membuat kita merasa tidak nyaman, salah satunya adalah gejala mabuk perjalanan yang identik dengan rasa mual, pusing, keringat dingin, hingga muntah. Mabuk perjalanan sendiri ditimbulkan oleh banyak faktor, dan juga terbagi kedalam beberapa jenis.

Faktor mabuk perjalanan sendiri biasanya karena posisi duduk yang tepat di area sering terjadinya guncangan, tidak cocok dengan aroma pendingin kendaraan, hingga aktivitas yang kamu lakukan sebelum dan selama perjalanan.

Kalau kalian seringkali mengalami mabuk perjalanan, khususnya perjalanan darat berikut ini ada cara mengatasi gejala gangguan perjalanan yang bisa kamu lakukan.

  1. Meminum Obat Anti Mabuk

Kamu tentu lebih memahami diri kamu sendiri? Jadi, kalau kamu merasa sering mengalami mabuk perjalanan, maka cara mengatasi mabuk perjalanan yang utama adalah dengan meminum obat anti mual.

Dengan begitu, selama perjalanan kamu akan tertidur dan tidak merasakan mabuk perjalanan. Sedangkan untuk kamu yang jarang sekali mengalami gangguan perjalanan, siapkan obat anti mabuk bisa menjadi cara terbaik, siapa tau kejadian ini akan kamu alami saat di perjalanan.

  1. Memilih Tempat Duduk yang Tepat

Supaya tak mabuk darat terutama saat berada di kendaraan  seperti bus, pemilihan tempat duduk penting untuk dilakukan. Kamu bisa pilih tempat duduk terbaik yaitu bagian tengah bus. Usahakan untuk sebisa mungkin memilih posisi tersebut.

Duduk di tengah membuat guncangan bus tidak tidak terlalu keras. Guncangan yang semakin minim turut meminimalkan munculnya rasa mual dan pusing.

Duduk di samping jendela juga dapat menjadi salah satu cara ampuh untuk mencegah rasa mual. Jika perjalanan melewati jalan dengan areal persawahan di kanan dan kiri jalan, usahakan memandang ke arah jauh. Lebih baik lagi jika tempat duduk memungkinkan untuk memandang melalui kaca depan sehingga bisa melihat jalan dan tidak disorientasi arah. Hindari memandang obyek dekat karena bisa menyebabkan pusing.

  1. Makan Makanan Ringan

Apabila kamu mual dan muntah saat di perjalanan, maka mengkonsumsi air mineral jangan sampai terlupa. Karena setelah muntah, tubuh kamu akan kekurangan cairan dan bisa berakibat dehidrasi. Dengan meminum air mineral dengan cukup, maka bisa mengembalikan kondisi tubuh kamu.

Makan makanan ringan juga bisa membantu kamu untuk mengisi kembali perut yang kosong dan tidak memicu mual atau muntah kembali.

 

 

 

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *